Hidup itu tentang energi, bukan tentang umur.
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Lingkungan dan Siaga Bencana (Ligana) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertekad mencetak para generasi muda menjadi duta lingkungan.

Sekjen PPP Arwani Thomafi dalam keterangannya diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan bahwa Ligana PPP memberikan pelatihan kepada generasi muda tentang lingkungan dan kebencanaan.

"Generasi muda ini nantinya akan menjadi duta lingkungan di daerah masing-masing," kata Gus Arwani, sapaan akrabnya.

Ligana PPP menggelar Kemah Persatuan pada tanggal 11—13 Februari 2022 di Batutapak Camping Ground Sukabumi Jawa Barat. kegiatan Kemah Persatuan Ligana bertujuan untuk mencetak generasi muda tentang lingkungan dan kebencanaan.

Kegiatan itu diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan delegasi dari DPW PPP seluruh Indonesia.

Menurut dia, Ligana itu merupakan suatu elemen baru di PPP yang serius menerjemahkan makna Islam rahmatan lil alamin (Islam yang menebar cinta kepada seluruh alam).

"Ligana harus mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Punya kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan serta peka terhadap kebencanaan," kata dia.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengatakan bahwa Kemah Persatuan Ligana PPP juga bertujuan untuk membangun keakraban. Api semangat harus terus dinyalakan dan tidak boleh padam.

"Ini sebuah pilihan bagi kami untuk meningkatkan eksistensi serta peran PPP dalam memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat. Tentu dengan demikian akan menjadi tonggak kebangkitan PPP ke depan," katanya.

Sementara itu, Ketua Ligana Iip Miftahul Khoiri mengatakan bahwa Ligana menjadi segmen baru dan beda dalam tubuh PPP. Ligana konsentrasi pada lingkungan dan kebencanaan.

"Ligana ingin mencetak kader-kader PPP yang punya kepedulian terhadap lingkungan dan punya kepekaan terhadap kebencanaan," ujarnya.

Iip Miftahul Khoiri bertekad menjadikan Ligana sebagai wadah yang mempersatukan baik usia maupun gagasan.

"Life is about energy, is not about age (hidup itu tentang energi, bukan tentang umur). Oleh sebab itu, kami ingin menjalin silaturahmi seluas-luasnya," katanya.

Pembukaan kegiatan Kemah Persatuan Ligana dimeriahkan dengan menyalakan api unggun dan menerbangkan lampion oleh peserta.

Pembukaan dihadiri Sekjen PPP Arwani Thomafi, Bendahara Umum DPP PPP Surya Batara Kartika, Ketua DPP PPP Syarifah Amelia, Ketua Ligana Iip Miftahul Khoiry, Bendahara Umum DPW PPP Banten Ach Fauzi, serta pengurus DPC PPP Sukabumi.

Baca juga: PPP minta BNPT buka data 198 ponpes berafiliasi organisasi teroris

Baca juga: Anies berharap kedua putra Haji Lulung teruskan perjuangan ayahnya

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022