Untuk mendongkrak produktivitas tanaman karet dan tebu, kami sedang fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia
Kendal (ANTARA) -
PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX fokus peningkatan produktivitas tanaman karet dan tebu pada tahun ini dengan target laba Rp175,73 miliar.

"Untuk mendongkrak produktivitas tanaman karet dan tebu, kami sedang fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Direktur PTPN IX Dodik Ristiawan pada kegiatan Gerakan Bersama Dukung Operasional PTPN 9 (Geber Doen9) di Unit Kebun Merbuh PTPN IX, Kabupaten Kendal, Sabtu.

Menurut dia, hal tersebut sejalan dengan Program Transformasi EBITDA PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding Perkebunan yang memiliki 9 pilar yang diantaranya adalah penguatan SDM menuju "Operation Excellent" dalam budaya komoditas.

"Dengan SDM yang berkualitas, tentunya akan berdampak dengan hasil kerja yang didapatkan dan hal ini dapat dilihat dari kualitas hasil produksi tanaman nantinya," ujarnya.

Ia menyebut selama 2021, PTPN IX berhasil meraih laba Rp127 miliar dan untuk itu dirinya memberikan apresiasi kepada unit kerja yang telah menunjukkan prestasi kinerja pada tahun lalu.

"Dengan etos kerja budaya 'planters' dalam upaya memberikan yang terbaik bagi perusahaan," katanya.

Direktur Produksi dan Pengembangan PTPN III (Persero) Mahmudi menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian Internalisasi etos kerja budaya "planters" yang dilakukan di Holding Perkebunan Nusantara Group demi mendorong kinerja tanaman lebih baik pada 2022.

Ia juga meminta kepada setiap asisten untuk dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, menjadi "planters" sejati untuk berkarya lebih bermanfaat dan bermakna atas amanah yang diberikan.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penandatanganan Komitmen RKAP 2022 oleh Pemangku Jabatan Puncak PTPN IX, serta pemberian penghargaan unit kebun atas kinerja pada 2021 serta pemberian bantuan kepada anak yatim piatu dari sekitar unit.

Baca juga: Pemkab Batang-PTPN IX siapkan SDM untuk dukung pengembangan KITB

Baca juga: PTPN IX berupaya wujudkan swasembada gula di Jateng

Baca juga: PTPN IX gandeng Foss Group kembangkan tambak udang Pemalang

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022