Produksi di sini tinggi sekali, saya berharap ini memberi nilai tambah yang tinggi juga dengan proses pengelolaan yang ditingkatkan dan diperkuat
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sentra ikan teri asin di Pulau Pasaran perlu dikelola lebih baik lagi.

"Tadi, kita sudah melihat proses pengolahan ikan teri asin secara tradisional di Pulau Pasaran yang merupakan sentra ikan teri asin," ujar Airlangga di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, dengan tingginya produksi ikan teri asin di Pulau Pasaran, dirinya berharap proses pengelolaannya dapat terus ditingkatkan.

"Produksi di sini tinggi sekali, saya berharap ini memberi nilai tambah yang tinggi juga dengan proses pengelolaan yang ditingkatkan dan diperkuat," katanya.

Dia mengatakan, peningkatan pengelolaan selain dapat meningkatkan produksi, juga akan membantu menyejahterakan buruh ikan teri asin.

"Seperti yang kita lihat di sini banyak pekerja yang memilah ikan teri adalah ibu-ibu dengan usia yang sudah tidak muda, jadi dengan adanya perkembangan di sentra ikan teri asin juga bisa memberikan nilai tambah dan menyejahterakan mereka," ucapnya.

Tanggapan positif atas adanya rencana pengembangan sentra ikan teri asin tersebut dikatakan oleh salah seorang wanita pemilah ikan teri asin, Zubaidah.

"Kalau mau diperbaiki jalannya dan fasilitas lainnya tentu senang karena memang kita mencari nafkah dari pengolahan ikan teri asin ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan semakin majunya proses pengelolaan ikan asin dan meningkatnya produksi, maka pekerja akan semakin sejahtera.

"Saat ini kan musim-musiman, kalau ikan teri sedang kosong ya kita tidak kerja. Kalau nanti ada alat untuk mendinginkan mungkin kita bisa bekerja lebih teratur dan tidak musiman," katanya lagi.

Pulau Pasaran sejak 1960-an telah menjadi sentra ikan teri asin dengan nilai produksi ikan teri asin per tahun sekitar Rp100 miliar.

Baca juga: Menko Perekonomian dorong budi daya padi gogo di lahan kering
Baca juga: Menko Airlangga janjikan ketersediaan minyak goreng curah
Baca juga: Menko Airlangga tinjau operasi pasar di Bandarlampung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022