Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita menarik dalam sepekan yang patut untuk disimak, mulai dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dirawat di rumah sakit akibat terjatuh saat bersepeda hingga vaksin Merah Putih yang dibuat oleh Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah melalui serangkaian pengujian dari Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan (LPPOM) MUI serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berikut berita-berita tersebut :

1. Ganjar Pranowo dirawat di RS akibat terjatuh saat bersepeda

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjalani perawatan di RS Umum Pusat dr. Kariadi di Semarang setelah terjatuh saat bersepeda pada Minggu kemarin (6/2).

Baca juga: Ganjar Pranowo dirawat di RS akibat terjatuh saat bersepeda

2. Menkes: 69 persen korban meninggal COVID-19 belum vaksin lengkap

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan 69 persen di antara 356 korban meninggal akibat COVID-19 sejak 21 Januari lalu belum menerima dosis vaksinasi lengkap atau sama sekali.

Baca juga: Menkes: 69 persen korban meninggal COVID-19 belum vaksin lengkap

3. Kantor ITDC Mandalika dikepung warga

Ratusan sopir transportasi lokal dan pemuda serta Forum Kepala Desa (FKD) Kecamatan Pujut menggelar aksi demo di kantor PT ITDC Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, supaya dilibatkan dalam akomodasi ajang MotoGP Mandalika.

"Jangan bohongi kami, kami menunggu dari pagi sampai siang tidak ada kejelasan," kata Kepala Desa Ketara Lalu Buntaran dalam orasinya di Praya.

Baca juga: Menhub cek kesiapan transportasi WSBK Mandalika

4. Vaksin Merah Putih akan digunakan untuk vaksinasi anak dan penguat

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan vaksin Merah Putih akan disiapkan untuk memvaksinasi anak usia tiga tahun hingga enam tahun serta vaksinasi penguat. "Untuk sementara dilihat, potensi vaksin Merah Putih untuk vaksin booster dan anak khususnya di atas 3-6 tahun. Di dunia tidak banyak vaksin (untuk anak tiga sampai enam tahun), setahu saya baru Sinovac dan Pfizer. Untuk Pfizer juga sedang uji klinis," katanya.

Baca juga: Menkes: Vaksin Merah Putih digunakan sebagai booster dan anak

5. . MUI: Vaksin Merah Putih Unair sudah kantongi sertifikat halal

Vaksin Merah Putih yang dibuat oleh Universitas Airlangga (Unair) dan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah melalui serangkaian pengujian dari Lembaga Pengkajian Pangan dan Obat-obatan (LPPOM) MUI serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sesuai dengan mekanisme MUI, teman-teman auditor dari LPPOM MUI melakukan pemeriksaan, baik dokumen maupun lapangan terkait komposisi dan proses produksi. Vaksin COVID-19 produk Universitas Airlangga dan PT Biotis Pharmaceuticals vaksin COVID-19 dengan nama vaksin Merah Putih hukumnya suci dan halal," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam di Kantor MUI Jakarta, Kamis.

Baca juga: MUI: Vaksin Merah Putih Unair sudah kantongi sertifikat halal

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022