New York (ANTARA News) - Menantu pendiri majalah dewasa Playboy, Hugh Hefner, setuju membayar denda sekitar 169 ribu dolar AS karena dituduh mendapat keuntungan setelah melakukan "insider trading" terhadap saham Playboy, demikian pihak berwenang di AS.

William Marovitz, suami dari anak perempuan Hefner yang juga mantan kepala eksekutif Playboy bernama Christie Hefner, melakukan perdagangan saham secara ilegal antara 2004 dan 2009, tuduh Securities and Exchange Commission (Bapepam-nya AS).

Marovitz melakukan perbuatan melawan hukum itu kendati istrinya dan pengacara Playboy telah mengingatkanya untuk tidak memperdagangkan saham perusahaannya.

Marovitz diduga memperoleh keuntungan 101 ribu dolar AS dengan membeli dan menjual saham Playboy sebelum beredarnya berita besar mengenai Playboy.

Menurut SEC, Marovitz telah membeli 9 ribu daham Playboy pada November 2009 setelah mengetahui Playboy tengah berbicara bisnis dengan Iconix mengenai kemungkinan pengakusisian Pluaboy.

Ketika berita negosisi itu tersiar, saham Playboy naik 42 persen.  Kemudian ketika Iconix menarik penarikan akuisisnya, Marovitz berusaha menjual lagi saham Playboy-nya itu sebelum nilainya jatuh.

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011