Warsawa (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Menteri Luar Negeri China, Yang Jiechi, yang berkunjung ke Polandia dan Perdana Menteri negara itu Donald Tusk, Jumat, berjanji untuk meningkatkan hubungan China-Polandia ke tingkat yang baru.

Selama pembicaraan mereka, Yang mengatakan keberadaan persahabatan tradisional antara kedua negara, dan bahwa Polandia adalah salah satu negara pertama yang mengakui dan membangun hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat China setelah pembentukannya pada 1 Oktober 1949.

Kedua negara telah mempertahankan momentum yang besar untuk pengembangan lebih lanjut hubungan bilateral dengan memperluas kerja sama di berbagai bidang, kata Yang.

Kedua negara perlu untuk melanjutkan pertukaran tingkat tinggi, meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi dan perdagangan saling menguntungkan dan sama-sama untung, serta memperluas kerja sama di berbagai bidang seperti infrastruktur, perlindungan energi, lingkungan dan teknologi tinggi, katanya.

Tusk mengatakan, pasar Polandia terbuka untuk perusahaan China dan bahwa kedua pihak memiliki potensi besar untuk kerja sama di berbagai bidang seperti infrastruktur dan energi.

Dia berharap, mereka juga akan meningkatkan kontak dan kerja sama di bidang kebudayaan dan pariwisata, serta meningkatkan saling pengertian di antara kedua bangsa.

Menteri luar negeri China tiba di Warsawa pada Kamis untuk kunjungan resmi. (H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011