Jakarta (ANTARA) - Pangeran Andrew telah menyelesaikan gugatan dari Virginia Giuffre yang menuduhnya melakukan pelecehan seksual ketika perempuan itu masih remaja.

Penyelesaian gugatan, meliputi biaya yang tak disebutkan jumlahnya, terungkap dalam surat ke pengadilan Manhattan, di mana Giuffre menggugat Duke of York pada Agustus silam. Anak dari Ratu Elizabeth tidak mengaku melakukan pelecehan dalam penyelesaian gugatan.

Kasus Giuffre menyorotkan pertemanan Andrew dengan Jeffrey Epstein, ahli keuangan dan terdakwa penjahat seks yang disebut turut melecehkan Virginia Giuffre. Disebutkan Andrew menyesali asosiasi masa lalunya dengan Epstein.

Baca juga: Pangeran Andrew kembali digugat atas kasus pelecehan seksual

Epstein, 66 tahun, bunuh diri di penjara Manhattan pada 10 Agustus 2019, ketika menunggu pengadilan kasus perdagangan seks terhadap dirinya.

Dalam surat bersama, pengacara Giuffre dan Andrew mengatakan penyelesaian ini pada prinsipnya meminta pangeran untuk memberikan "sumbangan substansial" ke badan amal Giuffre untuk mendukung hak-hak korban.

"Pangeran Andrew tidak pernah bermaksud untuk memfitnah karakter Ms. Giuffre, dan Andrew menerima bahwa dia telah menderita baik sebagai korban pelecehan dan sebagai akibat dari serangan publik yang tidak adil," kata surat itu.

Andrew membantah tuduhan bahwa dia memaksa Giuffre, yang kini tinggal di Australia, untuk berhubungan seks saat berusia 17 tahun lebih dari dua dekade lalu di London, rumah kenalan Epstein, mansion Epstein di Manhattan dan pulau pribadi Epstein di Virgin Islands.

Dalam surat itu, disebutkan bahwa Jeffrey Epstein sudah diketahui telah memperdagangkan gadis-gadis dalam jumlah yang tak terhitung selama beberapa tahun.

"Pangeran Andrew menyesali hubungannya dengan Epstein, dan memuji keberanian Giuffre dan para penyintas lainnya dalam membela diri mereka sendiri dan orang lain. Dia berjanji untuk menunjukkan penyesalannya atas hubungannya dengan Epstein dengan mendukung perang melawan kejahatan perdagangan seks, dan dengan mendukung para korbannya."

Andrew mengatakan pada BBC pada November 2019 bahwa dia tidak ingat pertemuannya dengan Giuffre, dan tidak melakukan hubungan seksual dengan perempuan itu di rumah Maxwell karena pada saat yang sama dia telah kembali ke rumah setelah menghadiri pesta seorang anak.

Giuffre mengatakan Epstein memeliharanya sebagai "budak seks" dengan bantuan Maxwell. Dalam acara "Panorama" BBC dia mengatakan bahwa Epstein membawanya ke London untuk bertemu Andrew.

Baca juga: Pangeran Andrew tinggalkan afiliasi militer akibat kasus pelecehan

Baca juga: Meghan Markle bisa kembali digulingkan dalam kasus Pangeran Andrew

Baca juga: Pangeran Andrew digugat lakukan pelecehan seksual

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022