Sampai Senin, ECB telah membeli 77 miliar euro (109 miliar dolar AS) utang publik, sebuah peran yang enggan diadopsi pada musim semi 2010, pada waktu membantu Yunani yang dililit utang.
Berlin (ANTARA News/AFP) - Kepala Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet, Senin waktu setempat, mempertahankan keputusannya untuk membeli utang zona euro dalam upaya menopang ekonomi Italia dan Spanyol dan menenangkan kejatuhan pasar ekuitas.

"Untuk alasan kebijakan moneter kita mampu mengambil tindakan yang luar biasa," Trichet mengatakan kepada televisi publik Jerman ARD.

"Di antara tindakan ini adalah pembelian utang negara pada suatu waktu ketika pasar begitu terguncang bahwa kebijakan moneter kami tidak akan dinyatakan memiliki dampak," tambahnya dalam wawancara singkat.

Sebelum itu, Bank Sentral Eropa, Minggu malam, mengumumkan tindakan untuk membeli obligasi Italia dan Spanyol melalui pasar sekunder, dan menjanjikan pemotongan anggaran lebih jauh di Roma dan Madrid.

Sementara ECB tidak secara terbuka menyebut negara-negara yang dibantu keluar pasar yang menjadi fokus maupun ukuran intervensi.

"Intervensi ECB pagi ini telah diambil sebagai langkah positif dengan imbal hasil obligasi 10-tahun Italia dan Spanyol terlihat turun tajam sekarang berdiri di sekitar 5,3 persen dan 5,2 persen, dibandingkan dengan di atas 6 persen minggu lalu," kata ekonom Investec, Victoria Cadman.

Sampai Senin, ECB telah membeli 77 miliar euro (109 miliar dolar AS) utang publik, sebuah peran yang enggan diadopsi pada musim semi 2010, pada waktu membantu Yunani yang dililit utang.  (A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011