Jakarta (ANTARA) - China akan mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur besar baru, mendukung operator telekomunikasi untuk mempercepat pembangunan 5G, serta membantu perusahaan-perusahaan industri menjalankan transformasi digital, demikian menurut sebuah surat edaran yang dirilis pada Jumat (18/2).

Surat edaran tentang kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil itu diterbitkan oleh 12 departemen pusat, termasuk Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

Negara tersebut akan memulai proyek-proyek besar untuk industrialisasi Sistem Satelit Navigasi BeiDou dan meningkatkan penerapan skala besar dari sistem tersebut di daerah-daerah utama, urai surat edaran itu.

China akan mempercepat pembangunan delapan pusat komputasi nasional di tengah upayanya untuk menyalurkan lebih banyak sumber daya komputasi dari daerah-daerah bagian timur negara tersebut ke daerah-daerah bagian barat yang kurang berkembang namun kaya dengan sumber daya.

Surat edaran itu juga menekankan soal pembangunan yang sehat dari dana investasi real estat (real estate investment trusts/REITs) di bidang infrastruktur.

Kebijakan-kebijakan tersebut bertujuan untuk memperkuat momentum pertumbuhan industri China di tengah tiga tekanan, yakni penyusutan permintaan, gangguan pasokan, serta pelemahan ekspektasi. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022