Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo optimistis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Pamekasan, Jawa Timur, dapat segera rampung karena didukung oleh tokoh agama termasuk para kiai dan ulama.

Menurut Sigit, peran aktif kiai dan ulama menunjukkan adanya dukungan dari berbagai kelompok masyarakat terhadap upaya pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19.

"Saya mendapatkan kejutan untuk menyaksikan langsung beberapa kiai hari ini melaksanakan vaksin pertama. Ini jadi penyemangat kita semua," kata Kapolri saat meninjau vaksinasi COVID-19 massal di Pamekasan, Sabtu, sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyaksikan para kiai dan ulama yang mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis kedua dan dosis ketiga.

"Artinya ada progress (kemajuan, red.) dan semangat dari para tokoh yang ada serta didukung seluruh masyarakat," tambah Listyo Sigit.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Pamekasan digelar malam hari

Baca juga: Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Pamekasan terkendala cakupan umum


Dalam siaran yang sama, Kapolri menyampaikan percepatan vaksinasi merupakan cara untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) apalagi saat ini ada penyebaran varian baru COVID-19, Omicron.

"Ini semua kami lakukan untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan serta keselamatan masyarakat dari varian baru Omicron, khususnya bagi masyarakat usia lanjut (lansia)," tutur Kapolri.

Ia lanjut menyampaikan secara umum tingkat kematian akibat COVID-19 nisbi rendah, tetapi virus itu tetap berisiko bagi mereka yang punya penyakit bawaan (komorbid).

Dengan demikian, ia menilai vaksinasi tetap jadi upaya terbaik mencegah risiko terburuk akibat COVID-19.

"Satu-satunya yang harus kita lakukan bagaimana meyakinkan kita semua sudah divaksinasi, karena itu adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan untuk menghadapi Omicron atau varian baru yang lain," tegas dia.

Dalam kunjungannya ke Pamekasan, Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi.

"Terima kasih untuk seluruh masyarakat di Pulau Madura dan Kota Pamekasan hari ini telah semangat melaksanakan vaksinasi. Dengan capaian baik, kita semua berdoa wilayah Pamekasan siap menghadapi varian baru Omicron. Tidak ada angka fatalitas dan semuanya selamat serta selalu sehat," ujarKapolri ke masyarakat Pamekasan.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022