Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melantik pejabat Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang terdiri dari Direktur, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas.

Selain itu dilantik pula Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Ini merupakan pelantikan yang bersejarah. Ada dua hal yang luar biasa, pertama ini adalah pelantikan beserta seluruh kabinetnya yaitu para pejabat administrator dan pejabat pengawas Politeknik Pariwisata NHI Bandung,” ujarnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin.

Kedua, lanjutnya, pelantikan ini pertama kalinya menunjuk pejabat fungsional adyatama pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang dilahirkan untuk mempelopori dan melaksanakan pengelolaan maupun pengembangan kepariwisataan serta ekonomi kreatif secara nasional.

Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan ucapan selama kepada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang telah berubah status kelembagaan menjadi Poltekpar NHI Bandung sebagaimana lima poltekpar lainnya.

Perubahan status kelembagaan pendidikan bidang vokasi menjadi Politeknik disebut menjadi salah satu amanat undang-undang pendidikan tinggi yang wajib diikuti.

“Tentu saja menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi berupa Politeknik memiliki banyak keunggulan, karena ilmu yang dipelajari bersifat spesifik di bidang pariwisata. Lulusannya langsung siap pakai di dunia kerja,” kata dia.

Kesiapan para lulusan poltekpar masuk ke dunia kerja disebabkan mereka telah melalui program magang secara langsung di pelbagai industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Secara khusus, Sandiaga menyampaikan pesan kepada Direktur Politeknik pariwisata NHI Bandung Andar Danova L. Goeltom agar dapat mengembangkan sumber daya manusia parekraf sehingga memiliki pola berpikir kreatif dan mandiri hingga akhirnya mampu menciptakan lapangan kerja.

“Sebagai direktur, anda harus bisa mengangkat Poltekpar NHI Bandung bertugas menjadi pusat unggulan (center of excellence) baik sebagai center culinary tourism, pusat inkubasi wirausaha parekraf, dan juga memiliki program magister terapan,” sebut dia.

Selain melantik direktur Poltekpar NHI Bandung, Menparekraf juga melantik sembilan pejabat Poltekpar NHI Bandung.

Yakni Kepala Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Umi Kalsum, Kepala Bagian Administrasi Umum NIH Bandung Budi Setiawan, lalu Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Administrasi Akademik dan Kerjasama Poltekpar NHI Bandung Nining Hernaningsih.

Kemudian Kasubbag Administrasi Tenaga Pendidik dan Kemahasiswaan Poltekpar NHI Bandung Yeni Imaniar Hamzah, Kasubbag Kepegawaian dan Keuangan Muhammad Ridwan, Kassubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga Adithya Ruhmana, serta Pejabat Fungsional Dosen Sandra Sanggramasari.

Adapun Pejabat Fungsional Dosen lain yang diangkat ialah Hariman yang bertugas di Poltekpar Palembang.

Terakhir, diangkat pula Pejabat Fungsional Utama Yohanes Sigit Widiyanto yang berada dalam unit kerja Direktorat Pengembangan Destinasi I, Deputi Bidang Pengembangan Destiansi dan Infrastruktur. Serta, Romualdi Maria Lies yang berada di dalam unit kerja Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022