Jakarta (ANTARA) - China mulai 1 Maret 2022 akan memperluas skema percontohan nasional yang segera disahkan untuk asuransi dwiguna (endowment) komersial yang melayani masyarakatnya yang menua, menurut badan regulator asuransi China pada Senin (21/2).

Didedikasikan untuk perawatan warga lansia, produk asuransi dwiguna komersial tersedia bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas, menurut Komisi Regulasi Perbankan dan Asuransi China.

Sebelumnya, China telah meluncurkan skema percontohan di Zhejiang dan Chongqing pada Juni 2021. Hingga akhir Januari, enam perusahaan asuransi berpartisipasi dalam skema tersebut, dengan total premi senilai 400 juta yuan (1 yuan = Rp2.264).

Memperluas skema percontohan akan membuat produk asuransi dwiguna dapat diakses oleh lebih banyak konsumen, meningkatkan konsumsi produk keuangan berorientasi perawatan lansia, dan mendorong perusahaan asuransi untuk menemukan lebih banyak cara lagi guna mengembangkan asuransi dwiguna komersial, kata komisi tersebut.

Dalam langkah terbarunya untuk menerapkan strategi nasional guna mengatasi penuaan populasi, China merilis cetak biru untuk pengembangan sistem layanan perawatan warga lansia negara itu dalam periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025).

Rencana tersebut menetapkan tujuan dan tugas utama untuk periode lima tahun, termasuk memperluas penyediaan layanan perawatan warga lansia, meningkatkan mekanisme dukungan kesehatan bagi warga lansia, dan memajukan pengembangan model layanan yang inovatif dan terintegrasi.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022