Alhamdulillah, hari ini kami dapat menindaklanjuti keluhan masyarakat mengenai melonjaknya harga minyak goreng di pasaran dengan menggelar operasi pasar,
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggelar operasi minyak goreng di empat pasar tradisional, Selasa, untuk merespons keluhan masyarakat terkait melonjaknya harga minyak goreng di pasaran.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid di Pekalongan mengatakan kegiatan OP minyak goreng ini untuk membantu masyarakat agar bisa membeli komoditas itu dengan harga terjangkau dan sekaligus menekan harga di pasaran.

"Alhamdulillah, hari ini kami dapat menindaklanjuti keluhan masyarakat mengenai melonjaknya harga minyak goreng di pasaran dengan menggelar operasi pasar," katanya.

Menurut dia, di tengah kesusahan masyarakat, pemerintah bisa hadir untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap minyak goreng.

"Melalui OP ini, kami jual minyak goreng seharga Rp13.500 per liter atau lebih terjangkau dibanding harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp14 ribu/liter," katanya.

Wali Kota Afzan mengatakan pihaknya telah melakukan pembatasan pembelian minyak goreng bagi warga yaitu maksimal 2 liter per orang.

"Selama stok dari pemerintah masih ada, Insyaallah kegiatan operasi pasar minyak goreng murah tetap bisa digelar lagi karena pemkot perlu berkoordinasi dengan pemprov maupun pusat," katanya.

Baca juga: Mendag operasi pasar 22.800 liter minyak goreng di Bandung & Sukabumi

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop-UKM) Kota Pekalongan Budiyanto mengatakan bahwa pada pelaksanaan operasi pasar ini disediakan sebanyak 4.000 liter minyak goreng kemasan yang terbagi dalam dua lokasi pasar.

Selain OP digelar pada hari ini, kata dia, pihaknya juga akan membuka operasi pasar serupa pada Kamis (24/2) di pasar Grogolan dan Pasar Kuripan.

"Kami alokasikan 4.000 liter minyak goreng. Mekanisme pembelian dalam operasi pasar minyak goreng, kami sediakan kupon pembelian," katanya.

Baca juga: Ekonom UMP: Perlu kebijakan terkait minyak goreng bagi UMKM

Budiyanto menambahkan pada kegiatan OP minyak goreng, pihaknya menggandeng Perum Bulog untuk membantu memfasilitasi pelaksanaan operasi pasar sekaligus menyediakan 1.000 paket sembako.



 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022