Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi penguat atau booster di 11 Kawasan Industri di Indonesia, secara langsung dan melalui konferensi video, Kamis.

"Pagi hari ini saya meninjau di PT Komatsu di Jakarta, saya sangat senang karena sudah dimulainya vaksin ketiga, vaksin penguat, vaksin booster," ujar Presiden dalam keterangannya secara virtual saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di PT Komatsu, di Jakarta, Kamis.

Presiden berharap industri, pabrik, dan sektor produksi tidak terganggu aktivitasnya karena sudah diberikan vaksin penguat.

"Sehingga bisa memberikan kekuatan yang lebih kepada sektor produksi agar tidak terganggu produksinya dan ini kita harapkan terus bergerak di kawasan industri yang lain, di pabrik-pabrik yang lain, sehingga bisa kita cegah karyawan kita dari terpaparnya COVID-19," jelas Presiden.

Pada kesempatan tersebut presiden kemudian meninjau pelaksanaan vaksinasi penguat di sejumlah kawasan industri lain melalui konferensi video.

Presiden memperoleh laporan dari Kawasan Industri Kabil di Batam, bahwa vaksin penguat bisa menjamin karyawan dan manajemen industri di Batam untuk terus bekerja dengan baik selama masa pandemi.

Baca juga: Presiden: Dana perlindungan sosial di Indonesia capai Rp186,6 triliun
Baca juga: Presiden ingatkan vaksinasi kepada pekerja harus terus digencarkan
Baca juga: Presiden Jokowi bertemu sejumlah seniman di Istana Bogor


Sedangkan Kawasan Industri Bontang, Kalimantan Timur, melaporkan program vaksinasi dilakukan dengan target 10.000 dosis, melalui bantuan Pupuk Kaltim. Hingga saat ini vaksinasi telah dilakukan sebanyak 4.000 dosis untuk karyawan dan masyarakat sekitar kawasan industri.

Kawasan industri di Demak melaporkan, vaksinasi pada hari ini diberikan kepada 400 karyawan tenant, pengelola dan masyarakat sekitar. Kawasan industri di Demak pada kesempatan itu juga memohon bantuan Presiden atas penyediaan air baku bagi kawasan industrinya yang masih tergolong baru.

Adapun dari Surabaya, Presiden menerima laporan dari PT HM Sampoerna yang telah berupaya optimal vaksinasi bagi para karyawan. PT HM Sampoerna menyampaikan total vaksinasi yang diberikan kepada karyawan sebanyak 65.000 dosis.

HM Sampoerna berterima kasih kepada Presiden bersama jajaran yang senantiasa memberikan dukungan kepada sektor industri untuk bertahan di tengah pandemi guna memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor.

Terakhir, dari Sukoharjo Presiden Jokowi menerima laporan dari PT Sritex yang menyampaikan telah memberikan vaksinasi pertama dan kedua sebanyak 50.000 dosis. Saat ini PT Sritex tengah memberikan vaksinasi penguat kepada 11.000 karyawan yang akan dilaksanakan hingga 11 hari ke depan.

Mendengar laporan dari sejumlah kawasan industri dan perusahaan, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah memberikan prioritas vaksinasi penguat untuk kawasan industri, agar aktivitas industri bisa terus berjalan dengan baik.

Presiden berharap dengan program vaksinasi penguat, produksi di sektor industri tidak terganggu sehingga kegiatan ekspor bisa terus berjalan.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022