Kami sepenuhnya mendukung keputusan Kemba untuk tak lagi bermain di sisa musim dan memanfaatkan waktu untuk persiapan musim mendatang
Jakarta (ANTARA) - New York Knicks dan Kemba Walker telah mencapai kesepakatan untuk membiarkan pebasket berposisi guard itu tidak lagi bermain di sisa musim NBA 2021/22.

Hal itu dikonfirmasi lewat salah satu kanal resmi Knicks yang Kamis WIB memuat pernyataan presiden klub Leon Rose tentang dukungannya atas rencana Walker mematangkan persiapan menyongsong musim depan.

"Kami sepenuhnya mendukung keputusan Kemba untuk tak lagi bermain di sisa musim dan memanfaatkan waktu untuk persiapan musim mendatang," kata Rose dalam pernyataan itu.

Baca juga: Kyrie Irving dalam waktu dekat bisa main lagi di gim kandang Nets

"Kesuksesan jangka panjangnya di atas lapangan masih menjadi prioritas kami," tulis pernyataan yang sama.

Walker bergabung dengan Knicks pada Agustus lalu setelah menyepakati tukar guling kontraknya di Oklahoma City Thunder hanya beberapa bulan setelah ia menjadi paket barter dari Boston Celtics.

Karier pebasket berusia 31 tahun itu di Knicks mengalami naik turun yang kurang ideal sejak ia kerap dibangkucadangkan oleh pelatih kepala Tom Thibodeau pada medio November, setelah mencatatkan rata-rata 11,7 poin dalam 18 penampilan pertamanya.

Selepas 10 gim menepi, badai cedera dan lonjakan kasus COVID-19 di roster Knicks membuat Thibodeau kembali memberi kesempatan Walker melantai bahkan jadi bagian pancamula.

Kesempatan itu dijawab Walker dengan mengemas 29 poin saat melawan Celtics pada 18 Desember dan memborong 44 poin kontra Washington Wizards beberapa hari berselang.

Memasuki Januari, situasi Walker kembali naik turun karena masalah rasa sakit di lututnya, lantas ia menorehkan rata-rata delapan poin dan 22 menit sepanjang Februari sebelum jeda All-Star, di mana Knicks menelan tujuh kekalahan dari delapan gim.

Baca juga: Trail Blazers kehilangan Jusuf Nurkic setidaknya empat pekan ke depan

Perkembangan kesepakatan menepi hingga akhir musim ini memberi kesempatan bagi Walker beserta agennya dan Knicks untuk merancang skema barter pada pascamusim, di mana kontraknya berakhir musim panas nanti.

Knicks masih memiliki 23 gim pada sisa musim reguler dan saat ini menempati urutan ke-12 klasemen Wilayah Timur dengan catatan menang-kalah 27-31.

Keputusan mengabsenkan Walker juga tentunya tidak lepas dari perkembangan positif pemulihan Derrick Rose setelah absen dua bulan pascaoperasi pergelangan kaki.

Walker yang masuk NBA sebagai pilihan kesembilan Draft 2011 menghabiskan delapan tahun pertama kariernya di Charlotte Hornets (sebelumnya bernama Charlotte Bobcats), di mana ia jadi tulang punggung tim dan beberapa kali menembus All-Star.

Ia kemudian hijrah ke Celtics pada 2019, melantai dua tahun sebelum dibarter ke Thunder musim lalu.

Baca juga: Goran Dragic merapat ke Brooklyn Nets

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022