Manado (ANTARA) - TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar kembali Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di Desa Gangga Dua, Pulau Gangga, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI Mar. I Wayan Ariwijaya, mengatakan dalam membantu pemerintah tentang vaksinasi nasional, Lantamal VIII tidak hanya melaksanakan vaksinasi di dalam pangkalan saja tetapi juga diluar pangkalan bahkan sampai ke pulau yang jauh dari kota dan minim transportasi.

"Hal itu semata-mata untuk mempermudah masyarakat yang berada di pulau-pulau agar mereka bisa merasakan kemudahan vaksinasi," kata Danlantamal.

Dikatakan pula bahwa vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya di daerah-daerah yang menjadi wilayah kerjanya merupakan penjabaran dari instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Kegiatan ini dalam rangka membantu pemerintah daerah menuntaskan program Vaksinasi Nasional serta melindungi masyarakat dari penularan COVID-19.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan Lantamal VIII menurunkan tiga dokter, vaksinator, dan beberapa tenaga kesehatan.

Ia menyebutkan jumlah yang ikut vaksinasi sebanyak 160 orang, terdiri atas 28 orang menerima dosis pertama, 112 orang menerima dosis kedua, dan 20 orang menerima dosis ketiga. Adapun jenis vaksinnya adalah Astrazeneca dan Sinovac.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi di pangkalan berlangsung di Balai Kesehatan Diskes Lantamal Vlll. Terdata enam orang mengikuti vaksinasi, baik menerima dosis kedua maupun ketiga, dengan jenis vaksin Astrazeneca, Sinovac, dan Moderna.

Selain Dinas Kesehatan Lantamal VIII, jajaran lainnya juga melaksanakan vaksinasi, seperti Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Gorontalo di SD Negeri 17 Dungingi, Kota Gorontalo.

Vaksinasi di tempat itu tercatat 65 orang, yaitu 26 orang menerima dosis pertama, 37 orang menerima dosis kedua, dan dua orang menerima dosis ketiga dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazeneca, dan Pfizer.

Lanal Melonguane melaksanakan vaksinasi di Balai Pengobatan Lanal terhadap 16 orang, yakni enam orang menerima dosis pertama, dua orang menerima dosis kedua, dan delapan orang menerima dosis ketiga dengan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneca.

Berikutnya di Balai Kesehatan Lanal Tahuna tercatat 14 orang divaksin, terdiri atas dua orang menerima dosis kedua dan 12 orang menerima dosis ketiga dengan jenis vaksin Astrazeneca dan Pfizer.

Begitu juga dengan Lanal Tolitoli di Balai Pengobatan Lanal telah memberikan vaksin kepada 10 orang mulai dosis pertama sampai ketiga menggunakan vaksin Pfizer.

Sampai dengan selesai, vaksinasi yang dilakukan Lantamal VIII dan jajarannya tidak ditemukan adanya kejadian ikutan pascaimunisasi. Setiap vaksinasi, kata dia, selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Lantamal VIII laksanakan vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan Tumumpa

Baca juga: TNI AL kerahkan KAL Tedong Selar dukung vaksinasi di pulau

Pewarta: Jorie M.R. Darondo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022