Jakarta (ANTARA) - Cade Cunningham menjadi penentu kemenangan Detroit Pistons atas Cleveland Cavaliers lewat keberhasilannya melesakkan empat lemparan bebas pada sisa waktu 46 detik demi mengunci skor akhir 106-103 bagi tuan rumah dalam lanjutan NBA di Little Caesars Arena, Michigan, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Secara keseluruhan pebasket pilihan pertama NBA Draft 2021 itu menutup pertandingan dengan torehan 17 poin, mengikuti jejak Habibou Diallo yang jadi pendulang angka terbanyak Pistons lewat raihan 21 poin setelah turun dari bangku cadangan.

Jerami Grant dan Marvin Bagley III masing-masing menambahkan 16 poin, Rodney McGruder memperoleh 12 poin dan Isaiah Stewart menyumbang 11 poin untuk membuat Pistons meraih kemenangan kandang pertama setelah lima kekalahan beruntun.

Baca juga: Knicks sepakat tak mainkan Kemba Walker lagi di sisa musim

Cavaliers kehilangan dua nama andalan mereka yakni Darius Garland dan Caris LeVert yang menepi, sehingga pasokan angka utama datang dari Lauri Markkanen lewat 22 poin.

Brandon Goodwin meraup 15 poin dari bangku cadangan, masing-masing 12 poin untuk Evan Mobley dan Rajon Rondo serta 11 poin dari Jarrett Allen dan Isaac Okoro, tetapi Cavaliers harus menderita tiga kekalahan berurutan, demikian catatan situs resmi NBA.

Tim tamu tergolong mampu mengendalikan permainan pada tiga kuarter pertama meski beberapa kali bergantian memimpin dengan Pistons, tetapi Cavaliers memasuki periode pemungkas unggul tipis 82-80.

Separuh awal kuarter keempat Pistons bangkit lewat rentetan poin 17-4 untuk berbalik memimpin kala McGruder melesakkan tripoin di sisa waktu enam menit 34 detik.

Baca juga: Kyrie Irving dalam waktu dekat bisa main lagi di gim kandang Nets

Cavaliers memukul balik hingga dua lemparan bebas Markkanen cukup membuat mereka menyongsong semenit terakhir pertandingan dengan keunggulan 103-102.

Namun Cunningham kemudian memperoleh empat kesempatan lemparan bebas di sisa waktu yang ada dan seluruhnya bisa ia konversi demi membawa Pistons menang 106-103.

Kedua tim dijadwalkan melantai lagi pada Sabtu (26/2) waktu setempat saat Pistons menjamu Boston Celtics dan Cavaliers pulang ke Cleveland menghadapi Washington Wizards.

Baca juga: Trail Blazers kehilangan Jusuf Nurkic setidaknya empat pekan ke depan
Baca juga: Pukul pelatih lawan, mantan pebasket NBA diskors sisa musim NCAA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022