Makassar (ANTARA) - Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril, memantau program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Program Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Makassar.

Irwan Syahril dalam keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan MBKM akan menjadi sebagai program unggulan yang diharapkan mampu menciptakan SDM yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Begitu juga PPG, salah satu program utama kementerian yang bisa mencetak tenaga pendidik yang profesional yang memiliki panggilan jiwa yang kuat untuk mendidik.

“Di kementerian sendiri kita akan beri penguatan pada PGSD karena pendidikan dasar merupakan hal yang paling utama dalam pendidikan dan Transformasi PPG serta penguatan PGSD,” jelasnya.

Baca juga: UNM gagas "Mandiri Digital Universe" sinergi program Kampus Merdeka

Baca juga: UNM lakukan studi banding Prodi Kedokteran ke Undiksha


Ia pun menaruh harapan lebih pada UNM sebagai salah satu kampus keguruan yang mampu mencetak tenaga pendidikan yang profesional dan berdedikasi.

“Harapan kami sangat tinggi pada UNM karena kami tahu UNM salah satu tonggak penting dalam Pendidikan guru di Indonesia,” katanya.

Syahril dalam kesempatan tersebut sekaligus menyampaikan UNM sebagai salah satu kampus yang seringkali mencatatkan namanya sebagai kampus berprestasi

“Saya beberapa kali melihat nama UNM dalam berbagai macam prestasi, saya tidak kaget karena UNM memang bagus” ujarnya.

Rektor UNM Prof Husain Syam menyatakan pihaknya selalu berkomitmen dalam mengawal setiap program dari kementerian.

Ia menyampaikan hampir semua program yang dibuat oleh kementerian, UNM telah mengikutinya dan hal itu langsung direspon positif dengan menginterpretasi skema dan membuat panduan pelaksanaan dalam internal UNM sendiri.

Bahkan di beberapa program yang ada, UNM menjadi acuan dalam pelaksanaannya bagi kampus lain.

“Saya selalu mendorong agar UNM selalu ikut mengambil bagian dari seluruh program kementerian dan Alhamdulillah, di beberapa bagian kita menjadi acuan bagi kampus lain,” katanya.*

Baca juga: Aktivis lingkungan UNM libatkan masyarakat pesisir tanam pohon

Baca juga: Mantan Satpam UNM pelaku pelecahan seksual ditetapkan tersangka

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022