Jakarta (ANTARA News) - Pemain internasional Australia, Harry Kewel, menandatangani kontrak setelah negosiasi panjang dengan klub Liga Australia (A-League) Melbourne Victory.

Kewell yang berkarir selama 15 tahun di klub Leeds Inggris dan Liverpool sebelum ia berakhir dengan klub Galatasaray Turki ini akhirnya resmi memperkuat salah satu klub Australia itu, demikian dikutip dari situs resmi AFC, Minggu.

Tetapi, pemain berusia 32 tahun ini tidak pernah bermain di kompetisi teratas di Australia. Dia meninggalkan kota asalnya, Sydney, sejak usia remaja ke Inggris.

Klub Victory sendiri telah melakukan pendekatan negosiasi alot dengan Kewell dan agennya Bernie Mandic sejak Juni, dengan perjanjian khusus.

"Harry adalah ikon olahraga Australia dan akan membawa bukan hanya bakat yang luar biasa untuk klub Melbourne Victory tetapi juga menarik banyak penggemar sepak bola dan mendorong kepentingan yang lebih besar untuk olahraga Australia," kata Ketua klub Melbourne Victory Anthony Di Pietro.

Anthony menyatakan pihaknya gembira dapat kontrak dengan Harry dan menyelesaikan kontrak tersebut untuk sepak bola Australia dan sejarah bagi A-League.

Kewell diharapkan dapat memulai latihan pra musim dengan klub Victory pada awal bulan depan.

"Saya bangga menjadi orang Australia dan ingin memberi sesuatu di sini," kata Kewell.

Ia juga berambisi bermain untuk timnas Australia dan senang dapat memperkuat klub Melbourne Victory.

Sementara itu Ketua Eksekutif Federasi Sepak Bola Australia (FFA), Ben Buckley, mengatakan bahwa Harry diakui sebagai pemain sepak bola yang berbakat di Australia dengan catatan prestasi yang diraihnya.

"Kepulangannya ke Australia menjadikannya lebih populer," katanya.

Kewell mencatat empat kali memperkuat tim Piala Dunia Australia dengan 54 kali dalam pertandingan internasional dengan mengoleksi 16 gol.
(T.T009/A032)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011