Intinya setelah selesai isolasi kan harus kerja lagi
Solo (ANTARA) - Pemerintah kota Surakarta sudah menunjuk satu hotel untuk tempat isolasi terpusat tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta Nico Agus Putranto di Solo, Jumat mengatakan sudah ada satu hotel yang bersedia menjadi tempat isolasi terpusat, yakni Dinasty Smart Hotel yang berlokasi di Jalan MT Haryono.

Ia mengatakan hotel tersebut memiliki sebanyak 27 kamar yang semuanya digunakan untuk tempat isolasi. Menurut dia, hotel tersebut akan segera difungsikan dalam waktu dekat.

"Kalau untuk daya tampungnya bisa untuk 50-60 orang," katanya.

Ia mengatakan salah satu fasilitas yang ada di hotel tersebut adalah ruang terbuka yang bisa digunakan untuk berjemur dan berolahraga. Dengan demikian, diharapkan proses pemulihan kesehatan bisa lebih cepat.

Baca juga: Penyebaran COVID-19 di Solo meluas pada kalangan tenaga kesehatan

Baca juga: Pemkot Surakarta siapkan lokasi isolasi terpusat untuk anak


Menurut dia, sejauh ini baru satu hotel yang bersedia menjadi tempat untuk isolasi terpusat. Ia mengatakan terkait hal itu, tidak setiap hotel bersedia menjadi tempat untuk isolasi terpusat.

"Kemarin kami berkoordinasi dengan PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), baru satu ini yang bersedia. Kalau itu kan setiap manajemen punya pertimbangan masing-masing," katanya.

Terkait hal itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan dengan disediakannya tempat isolasi terpusat khusus tenaga kesehatan diharapkan pemulihan bisa lebih cepat.

"Intinya setelah selesai isolasi kan harus kerja lagi, berjuang lagi. Kami prioritaskan yang tenaga kesehatan, kalau semua isolasi terpusat nyaman," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini sudah ada dua lokasi isolasi terpusat yang diaktifkan oleh Pemkot Surakarta, yakni di Ndalem Priyosuhartan khusus untuk penderita perempuan dan Graha Wisata untuk pria.

Untuk saat ini, di Ndalem Priyosuhartan sudah terisi dengan 18 pasien COVID-19 dengan status tanpa gejala dan di Graha Wisata ada 20 orang.

Baca juga: Luhut pastikan kesiapan fasilitas isolasi terpusat-vaksinasi Solo-DIY

Baca juga: Tim gabungan di Solo semprot disinfektan serentak cegah COVID-19

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022