Belitung, Babel (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, mengunjungi geosite Open Pit Nam Salu, Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.

Dalam kunjungan tersebut Menparkeraf Sandiaga Salahudin Uno didampingi oleh Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Bupati Belitung, Sahani Saleh.

Open Pit Nam Salu merupakan salah satu geosite di Pulau Belitung merupakan warisan geologi bekas tambang timah terbuka yang terdalam dan terbesar di Asia Tenggara berusia sekitar 100 tahun.

Baca juga: Sandiaga minta Gekrafs Malang kembangkan potensi ekonomi kreatif

"Formasi batuan Kelapa Kampit ini terbentuk 300 tahun yang lalu sebelum zaman Jurrasic jadi boleh dibilang ini 'site' tertua," ujarnya.

Ia mengatakan, wisata berbasis heritage yang dimiliki oleh Open Pit Nam Satu Kelapa Kampit menjadi salah satu ditetapkannya Geopark Belitung sebagai Unesco Global Geopark pada sidang ke-211 Dewan Eksekutif Unesco yang digelar 2021 lalu.

"Geosite ini merupakan satu-satunya geosite berbentuk Kepulauan di Indonesia," katanya.

Baca juga: Menparekraf pastikan Belitung siap menjadi tuan rumah KTT G20

Ia menambahkan, geopark maritim yang dikembangkan harus berbasis keberlanjutan, sehingga menjadi pemicu ekonomi dan pembukaan lapangan kerja baru.

"Memang perlu inovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru," ujar dia.

Pewarta: Kasmono
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022