Jakarta (ANTARA News) - Mantan legenda sepak bola Brazil Zico akan dikontrak Asosiasi Sepak Bola Irak hingga Asian Games 2013.

"Semuanya sudah disepakati. Tinggal tanda tangan saja," kata mantan pemain klub Flamengo ini seperti dikutip situs resmi AFC, Rabu.

Kontrak Zico kemungkinan juga dapat diperpanjang jika Irak dapat lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil.

Zico yang berusia 58 tahun pernah melatih Jepang pada 2002-2006 dan membawa tim Samurai ke putaran final Piala Dunia Jerman.

Kemudian, Zico menangani klub Fenerbahce Turki, Bunyodkor (Uzbekistan), CSKA Moscow (Rusia) dan Olympiakos (Yunani).

Zico sendiri menggantikan posisi Wolfgang Sidka. Pada awal Agustus lalu, Asosiasi Sepak Bola Irak tidak memperbarui kontrak pelatih Wolfgang Sidka, setelah tim berjuluk Lions of Mesopotamia ditahan Yaman tanpa gol di leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2014 putaran kedua.

Walaupun Irak akhirnya lolos ke putaran ketiga dengan agregat dua gol, tetapi wakil pengurus sepak bola Irak Abdulkhaleq Masoud tidak puas dengan permainan timnya. Mereka menargetkan Irak lolos ke Piala Dunia 2014.

Juara Piala Asia 2007, Irak, berada di Grup A bersama Yordania, China dan Singapura.

Irak akan melaksanakan laga uji coba melawan Uganda pada 26 Agustus sebelum menghadapi Yordania (2/9) dan Singapura (6/9) di putaran III Pra Piala Dunia tersebut.

(T.T009/R014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011