Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya akan memberikan bantuan pangan darurat kepada negara-negara yang terkena dampak kekeringan di kawasan Tanduk Afrika.

Wang menyampaikan pengumuman itu dalam percakapan teleponnya dengan Menteri Luar Negeri Somalia Abdisaid Muse Ali pada Senin (28/2). 

Untuk membantu Somalia dan negara-negara lain di kawasan Tanduk Afrika mengatasi kekeringan, China akan memberikan sejumlah bantuan pangan darurat ke Somalia, Eritrea, Ethiopia dan Djibouti, kata sang menteri.

Ia mengatakan bantuan itu merupakan tindakan praktis lain yang diambil oleh pihak China untuk mengimplementasikan "Pandangan Terhadap Perdamaian dan Pembangunan di Tanduk Afrika".
 
Seorang wanita yang menggendong anak terlihat di sebuah kamp di pinggiran Mogadishu, ibu kota Somalia, pada 13 Januari 2022. (Xinhua/Hassan Bashi)


Wang mengatakan China mengajukan pandangan tersebut pada awal tahun ini untuk mendukung negara-negara di kawasan itu, sebagai pedoman bagi mereka untuk bersama-sama mengatasi tiga tantangan yaitu keamanan, pembangunan dan pemerintahan, serta mencapai perdamaian abadi, stabilitas, pembangunan dan kemakmuran.

Guna memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan negara-negara terkait, serta bersama-sama mendorong implementasi pandangan tersebut, China pekan lalu menunjuk utusan khusus untuk urusan Tanduk Afrika. Dan sekarang mengumumkan bantuan pangan darurat bagi negara-negara terkait di Tanduk Afrika, ujar Wang.

Ia mengatakan China telah mengambil tindakan nyata untuk menerapkan pandangan tersebut dan mendukung pembangunan di Tanduk Afrika.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022