Ini bisa menjadi alternatif sekaligus juga mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya
Cilacap (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengharapkan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP) yang diluncurkan pada 25 Februari 2022, dapat beroperasi setiap hari.

"KA Joglosemarkerto yang diluncurkan kemarin (25/2/2022) memang sudah didambakan oleh masyarakat Cilacap karena sekarang ada alternatif kereta api yang ke Yogyakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Tulus Wibowo di Cilacap, Jateng, Rabu.

Ia mengatakan selama ini masyarakat Cilacap dan sekitarnya yang hendak ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api hanya dilayani KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang PP yang diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada siang hari.

Dengan hadirnya KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP, kata dia, masyarakat Cilacap dan sekitarnya memiliki pilihan lain dengan menggunakan kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pagi hari itu.

"Ini bisa menjadi alternatif sekaligus juga mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya. Kemarin saat hari pertama dijalankan, sudah ada 140 penumpang dari Cilacap yang menggunakan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan jika 25 persen dari 140 penumpang kereta api tersebut biasa menggunakan kendaraan pribadi, berarti ada 35 kendaraan pribadi yang tidak dijalankan sehingga dapat mengurangi kepadatan jalan raya.

"Apalagi KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP dijalankan setiap akhir pekan. Warga Cilacap yang ke Yogyakarta kan kebanyakan untuk berwisata. Pak Bupati (Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji) juga senang dan berharap masyarakat bisa memanfaatkan kereta tersebut sebagai moda angkutan alternatif selain kendaraan pribadi," katanya menjelaskan.

Lebih lanjut, Tulus mengaku telah berkomunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait dengan kemungkinan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP dijalankan setiap hari.

Akan tetapi, berdasarkan informasi KAI, kata dia, hal itu tergantung pada okupansi atau animo penumpang KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP.

"Kalau memang animo penumpangnya tetap tinggi, pasti bisa dijalankan tiap hari. Kemarin saat kami komunikasikan, PT KAI (Persero) secara prinsip welcome saja, makanya minta dukungan dari Pemkab Cilacap agar masyarakat memanfaatkan itu," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ayep Hanapi mengatakan pihaknya untuk sementara hanya menjalankan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP setiap akhir pekan.

Pada tahap awal, kata dia, KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP dijalankan pada hari Jumat (25/2/2022) hingga Senin (28/2/2022), selanjutnya kereta api tersebut akan kembali dijalankan pada tanggal 3-6 Maret 2022.

"Untuk saat ini kami jalankan hanya weekend (akhir pekan) saja karena penumpangnya bagus, untuk weekday (hari biasa) masih low. Ke depannya kalau pangsa pasar penumpang bagus dan pandemi sudah berakhir, dijalankan setiap hari," katanya.

Baca juga: KAI operasikan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP
Baca juga: KAI: 11 KA jarak jauh layani penumpang Stasiun Cikarang mulai 1 Maret
Baca juga: KAI Purwokerto berikan tarif khusus KA mulai Rp15.000

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022