Jayapura (ANTARA News) - Sehari menjelang masuknya perayaan Idul Fitri 1432 H, sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Jayapura, Papua, dipadati oleh warga yang ingin berziarah.

Dari pantauan Senin, makam yang banyak dikunjungi keluarga ada di TPU Abepantai distrik Abepura serta TPU Waena batas kota Distrik Heram Kota Jayapura.

"Saya dan keluarga ke TPU Abepantai untuk ziarah ke makam nenek sebelum lebaran, tak lupa kami juga membeli kembang (bunga) yang dijual disekitar areal pemakaman," kata Rohamad warga BTN Puskopad, distrik Abepura.

Menurutnya, berkaca pada pengalaman tahun lalu Ia dan keluarga sengaja datang berziarah dipagi hari karena pada tahun lalu ketika sore hari berziarah sempat terjebak macet atau antrian panjang. Sehingga tahun ini lebih awal ke tempat pemakaman Abepantai.

Di tempat berbeda TPU Batas Kota Jayapura, La Ida warga Entrop distrik Jayapura Selatan mengatakan bahwa Ia dan keluarga sengaja datang ke makam kakeknya untuk bersih-bersih sekaligus berziarah.

"Pada saat jelang Puasa awal bulan ini kami juga ke makam. Dan sejak pagi tadi kami ada disini untuk mendoakan kakek kami," katanya yang ditemani saudara-saudaranya.

Banyaknya peziarah ke berbagai TPU di Kota Jayapura, dibenarkan oleh Jacy salah satu penjual kembang di TPU Batas Kota Jayapura.

"Sejak tiga hari terakhir, banyak peziarah yang berdatangan dan Alhamdulilah Kembang yang saya jual pada laku," katanya. (ANT/185) 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011