London (ANTARA News) - Bintang film dan Sinetron terkemuka R.A. Ira Wibowo Wirjodiprodjo yang lebih dikenal sebagai Ira Wibowo, bersama warga Indonesia di Inggris mengikuti sholat Idul Fitri dengan imam dan khatib Irsyad Azizi dari Kairo, Mesir, di gedung KBRI London, Selasa.

Meskipun baru mendarat pada pukul 07.00 di Bandara Heathrow, bintang film yang dinominasikan sebagai Best Supporting Actress di Indonesian Film Festivals tahun 2007 untuk film "Mengejar Mas-Mas" langsung mengikuti sholat Idul Fitri yang baru dimulai pada pukul 10.00.

"Saya senang bisa melaksanakan sholat idul Fitri di London," ujar kakak bintang film Ari Wibowo kepada Antara London, usai mengikuti sholat yang langsung dikerumuni ibu ibu untuk foto bersama.

Ira Wibowo menyangka sholat Idul Fitri di London akan dilaksanakan pada hari Rabu seperti halnya di tanah air, ternyata pada hari Selasa.

"Saya pikir kalau Rabu masih bisa ikutan sholat tetapi hari ini pun ternyata saya masih bisa ikut," ujar Ira Wibowo yang banyak membintangi film sinetron.

Ira Wibowo meskipun berbeda keyakinan dengan sang suami, Katon Bagaskara, tetap menjalani ibadah puasa selama bulan suci Ramadhan dan senang dapat mengikuti sholat Idul Fitri bersama umat Muslim Indonesia yang ada di London.

Kehadiran Ira Wibowo dan Kanton Baskara yang dikenal dengan lagu Yogyakarta itu diundang KBRI London untuk mengisi acara temu masyarakat dalam acara halal bihalal yang digelar di Wisma Nusantara, London, Minggu tanggal 4 September.

Meskipun baru pertama kalinya melaksanakan sholat Idul Fitri di London, Ira Wibowo tidak merasa sendiri karena ada Afrahul Fadhilah yang dulu pernah menjadi tetangga Ira di Jakarta dan juga rekannya Maggie Tuarissa, istri Minister Councelor KBRI London, Dwiky Miftach.

Menurut Afrahul Fadhilah, Ketua Muslimat NU UK itu, dulu dirinya bertentangga dengan Ira Wibowo dan beberapa artis lainnya seperti Dorce dan ibu Krisdayanti di daerah Jatibening pada tahun 2000- an.

Ira Wibowo kelahiran Berlin, putri pasangan R. Wibowo Wirjodiprodjo dan Sibylle Ollmann, wanita Jerman meskipun berbeda keyakinan dengan sang suami Katon Baskara, namun keduanya saling menghargai dan mendukung satu sama lain. Saat Ira berpuasa pun Katon kerap menemani sang istri makan sahur.

Ira Wibowo berada di Bintang film "Get Married" itu akan berada di London selain untuk memenuhi undangan KBRI London mengisi acara di Wisma Nusantara, kediaman resmi Dubes RI di London Yuri Thamrin dan Ny Sandra Thamrin, keduanya juga berencana akan menghadiri Beatles Festival yang berlangsung di Liverpool.

Menurut Ira, Katon yang senang dengan musik dari kelompok musisi Inggris itu The Beatles itu tidak akan menyia- nyiakan kedatangannya di Inggris untuk berkunjung ke kota kelahiran The Beatles yang kebetulan sedang menggelar acara Beatles Festival.
(ZG/A011

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011