Pekanbaru (ANTARA News) - Sejumlah jalanan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Sabtu yang merupakan hari ketiga pascaIdul Fitri 1432 Hijriyah mulai ramai kendaraan baik sepeda motor dan mobil.

Pantauan Sabtu sore, jalanan paling padat kendaraan bermotor yakni jalur Panam, Kecamatan Tampan dan Harapan Raya, Kecamatan Tangkerang Timur dan Selatan serta jalur Kubang, Kecamatan Bukit Raya.

Kepadatan arus lalu lintas perkotaan terpantau didominasi oleh kendaraan roda dua, dimana kepadatan arus mulai terlihat sejak Sabtu pagi hingga sore hari.

"Kita baru saja pulang dari kampung," kata seorang warga pengendara sepeda motor yang mengaku berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat Rafi.

Kepala Dinas Perhubungan Pekanbaru Syafrudin Sayuti mengatakan pada H+3 Lebaran yang jatuh pada hari ini merupakan puncak kepulangan pemudik.

"Kemungkinan hari ini dan besok (Ahad 4/9) merupakan puncaknya arus mudik. Jalur-jalur tertentu khususnya yang menuju pusat kota dipastikan akan padat kendaraan," katanya.

Saat ini kata dia, Dishub bersama instansi terkait termasuk kepolisian setempat telah mendirikan empat posko pengamanan yakni di Pelabuhan Sungai Duku, Terminal Mayang Terurai, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II dan di Kantor Dishub.

"Diempat posko Lebaran ini juga disiagakan sebanyak 250 personil," ujarnya.

Sementara untuk jumlah kendaraan angkutan darat Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) termasuk juga angkutan parawisata ada sebanyak 757 armada dengan kursi yang diperkirakan berjumlah lebih dari 12.752 kursi.

Untuk armada laut atau perairan menuju ke sejumlah wilayah regional seperti Pekanbaru-Bengkalis dan Pekanbaru-Selatpanjang disediakan sedikitnya 19 kapal dengan jumlah kursi sebanyak 1.109.

"Dan untuk penerbangan tujuan Jakarta, Batam, Medan, Palembang, Subang, Kuala Lumpur (pulang pergi-red) ada sekitar 18 penerbangan dengan jumlah kursi sebanyak 2.750 unit," kata Syafrudin Sayuti.  (FZR/M027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011