Jakarta (ANTARA) - Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez sama-sama mencetak dua gol saat Manchester City menjauhkan diri dari kejaran Liverpool dengan lengket menduduki puncak klasemen Liga Inggris menjadi enam poin berkat menang 4-1 dalam derbi Manchester melawan Manchester United di Stadion Etihad, Minggu waktu setempat.

De Bruyne membawa City unggul pada menit kelima dengan meneruskan umpan rendah dari Bernardo Silva tetapi United menyamakan kedudukan melalui tembakan melengkung yang luar biasa dari Jadon Sancho.

De Bruyne memulihkan keunggulan City dengan gol yang tercpita setelah Phil Foden masuk kotak penalti Setan Merah dan tembakannya ditepis oleh David De Gea yang menciptakan kemelut yang diselesaikan dengan baik oleh kapten timnas Belgia itu.

Baca juga: Arsenal menang 3-2 di kandang Watford untuk duduki empat besar

City mendominasi setelah turun minum dan membuat kedudukan menjadi 3-1 ketika De Bruyne melepaskan tendangan sudut jauh ke tepi kotak yang dengan cantik ditujukan kepada Mahrez untuk disambutnya dengan tendangan first time yang sempat membentur kaki Harry Maguire.

Mahrez melengkapi kemenangan besar City dengan gol yang awalnya dianggap offside tetapi VAR menilai Alex Telles telah membuat pemain Aljazair itu onside.

Dia memanfaatkan umpan Ilkay Gundogan guna melepaskan tembakan yang sempat menimpa bahu De Gea namun bola bergulir masuk gawang United.

City mengoleksi 69 poin dari 28 pertandingan, sedangkan Liverpool mengumpulkan 63 poin dari 27 pertandingan. United turun ke peringkat kelima dan satu poin di belakang Arsenal yang menyimpan tiga pertandingan lebih banyak, demikian Reuters.

Baca juga: Jurgen Klopp tak batalkan rencana untuk tinggalkan Liverpool pada 2024

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022