Harapannya kita bukan hanya menjadi pasar (gim) tapi juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mengembangkan pelbagai potensi di industri gim Indonesia yang memiliki kaitan erat dengan perkembangan e-sports.

"Harapannya kita bukan hanya menjadi pasar (gim) tapi juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya ketika meninjau Pemusatan Pelatihan Nasional Pengurus Besar E-Sports Indonesia (PBESI) di Jeep Station Indonesia Resort, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagaimana keterangan pers yang ditulis di Jakarta, Rabu.

Pemusatan pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan para atlet yang akan berlaga pada perhelatan SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam, pada 12-13 Mei 2022.

Menurut dia, e-sports merupakan salah satu pilar kebangkitan ekonomi Indonesia yang diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha seluas-luasnya.

Berdasarkan catatannya, terdapat 52 juta pemangku kepentingan yang menggemari e-sports di seluruh dunia dan jumlah tersebut terus bertumbuh.

“Ke depan, selain kita memiliki atlet-atlet kelas dunia, kita juga harus memiliki gim-gim yang mampu bersaing di pasar global," ujar Menparekraf.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, lanjut dia, Kemenparekraf menjalin kerja sama dengan Kementerian Keuangan dengan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang bertujuan untuk mempersiapkan ekosistem ekonomi kreatif khususnya subsektor video game.

BLU ini juga bertujuan untuk mempersiapkan Indonesia dalam menyambut World E-Sports Championship ke-14 di Bali pada November 2022.

"Ada pangsa ekonomi sebesar dua miliar dolar AS di industri gim ini, dan 90 persen dari angka tersebut mengalir ke luar negeri karena gim-gim ini tidak memiliki basis di Indonesia,” ucap Sandiaga.

Karena itu, diharapkan para developer lokal dapat mengembangkan gim-gim melalui pelatihan, pendampingan, pembiayaan, pemasaran, maupun kekuatan sumber daya manusia untuk membangun sebuah ekosistem e-sport yang utuh.

“Ini akan disiapkan melalui BLU tersebut," tutur Menparekraf.

Baca juga: Menparekraf ajak "gamers" bantu gim lokal pimpin pasar Indonesia
Baca juga: Moeldoko kunjungi Agate buktikan dukungan untuk industri game lokal
Baca juga: Di Gernas BBI Kaltim, Luhut sebut potensi pasar game Rp24 triliun


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022