Jakarta (ANTARA) - Phoenix Suns menjadi tim pertama yang mencetak tiket playoff NBA musim ini seusai menundukkan Miami Heat 111-90 di FTX Arena, Florida, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Devin Booker untuk pertama kalinya kembali melantai setelah absen dalam empat pertandingan terakhir karena masuk protokol COVID-19 NBA.

Booker menandai penampilan kembalinya dengan meraup 23 poin, delapan rebound dan sembilan assist yang berperan penting untuk membuat Suns mengunci tiket playoff.

Baca juga: Bulls seruduk Pistons demi kembali ke jalur kemenangan

Mikal Bridges menambahkan 21 poin dan sembilan rebound sementara tiga penggawa Suns lainnya mengemas dwiganda yakni Deandre Ayton berupa 19 poin dan 10 rebound, JaVale McGee 11 poin dan 15 rebound serta Cameron Payne 11 poin dan 10 assist.

Dengan kemenangan ini, Suns terus memimpin klasemen Wilayah Barat berbekal torehan menang kalah 53-13, yang sudah tak mungkin dikejar tim-tim urutan ketujuh hingga ke-10, demikian catatan situs resmi NBA.

Sementara Suns mendapatkan Booker yang kembali dari protokol COVID-19, Heat harus bermain tanpa diperkuat bintang utama mereka Jimmy Butler karena sakit.

Pasokan angka utama tuan rumah datang dari Duncan Robinson yang mencetak 22 poin, diikuti Bam Adebayo dan Tyler Herro yang masing-masing memperoleh 17 poin, tapi Heat harus menelan kekalahan pertama dalam empat gim terakhirnya meski masih memimpin Wilayah Timur dengan catatan 44-23.

Baca juga: Jayson Tatum borong 44 poin, Celtics dulang empat kemenangan beruntun

Setelah lebih banyak tertinggal di dua kuarter pertama, Suns mampu menutup paruh pertama dalam keunggulan tipis 57-55 berkat tembakan fadeaway Ayton.

Paruh kedua pertandingan sepenuhnya jadi milik Suns yang bahkan sempat memimpin sejauh 27 poin dalam kedudukan 109-82 saat Booker melesakkan tripoin di sisa waktu tiga menit empat detik kuarter keempat.

Di sisa waktu tersebut, Suns memang hanya mencetak dua poin tambahan tapi itu sudah cukup untuk mengunci kemenangan 111-90 dan satu tiket fase playoff nanti.

Pada Jumat (11/3) waktu setempat, Heat akan menghadapi Cleveland Cavaliers dan Suns menjamu Toronto Raptors.

Baca juga: LeBron James akan kembali main untuk Lakers setelah absen satu laga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022