Chengdu, China (ANTARA) - Otoritas kehutanan lokal di wilayah Baoxing, Kota Ya'an, Provinsi Sichuan, China barat daya, menangkap gambar sepasang panda raksasa liar di taman nasional setempat.

Rekaman video dari kamera inframerah mengabadikan momen anak panda raksasa mengikuti induknya ke sebuah lubang pohon untuk beristirahat pada 5 Maret. Panda kecil itu diyakini berusia sekitar setengah tahun, kata staf stasiun perlindungan setempat seperti dilansir Xinhua, Kamis. 

Gambar dari kedua panda itu sebelumnya terekam di alam liar saat malam hari pada 12 Januari. Kali ini, induk dan anak panda raksasa tersebut berada di kawasan lindung inti yang dikelola oleh wilayah Baoxing di bawah Taman Nasional Panda Raksasa pada ketinggian antara 2.500 hingga 3.800 meter.

Kawasan tersebut memiliki vegetasi tanaman bambu yang subur dan air yang melimpah, sangat cocok bagi margasatwa yang terancam punah. Sejak Oktober 2021, kawasan Baoxing telah lima kali mengabadikan gambar induk dan anak panda liar serta merekam 21 spesies liar lainnya, termasuk panda merah dan burung pegar telinga putih (white-eared pheasant).

Panda raksasa pertama kali ditemukan di wilayah Baoxing sekitar satu abad lalu ketika seorang pendeta Katolik Prancis, yang juga seorang ahli zoologi dan botani, melihat seekor hewan berbulu hitam dan putih, yang kemudian diklasifikasikan sebagai spesies baru dalam sains.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022