Jakarta (ANTARA) - Pabrikan China mengumumkan perampungan pengujian kereta maglev komersial generasi baru berkecepatan hingga 200 kilometer per jam pada Kamis (10/3) 

Wakil Kepala Lembaga Penelitian Kereta Maglev CRRC Zhuzhou Locomotive Co Ltd Zhang Wenyue mengatakan kereta yang dirancang dengan kecepatan hingga 200 kilometer (km) per jam itu telah mencapai beberapa terobosan teknologi seperti sistem kemudi nirawak dan catu daya nonkontak.

Ia mengharapkan kereta tersebut dapat dioperasikan di jalur antarkota dan perkotaan dengan jarak sejauh 50 hingga 200 km.

Zhuzhou Locomotive melengkapi kereta manglev tersebut dengan sistem kemudi otonomos dan komunikasi gelombang milimeter 5G dan dioperasikan oleh sistem pengendalian darat. Data waktu nyata (real time) dikumpulkan untuk pemecahan masalah guna memastikan keamanannya.

Jika dibandingkan dengan generasi kereta maglev komersial sebelumnya, model baru itu menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi traksi, kemampuan mendaki bukit dan kinerja akselerasi, menurut perusahaan tersebut.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022