Sertifikasi ini ditujukan guna memberdayakan masyarakat sebagai penyedia akomodasi terutama menjelang pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyerahkan sertifikat Indonesia Care untuk 300 pengelola sarana hunian pariwisata (sarhunta) yang berada di sekitar Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sertifikasi ini ditujukan guna memberdayakan masyarakat sebagai penyedia akomodasi terutama menjelang pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022.

“Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan berkah ada 300 sarhunta yang siap menyambut event MotoGP yang diharapkan akan membawa keberkahan, kembalinya rezeki, membuka lapangan kerja, dan peluang usaha bagi masyarakat di Lombok Tengah,” ucapnya secara virtual sebagaimana dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu.

Adanya sertifikasi Indonesia disebut juga sebagai penanda bahwa sarhunta sudah terverifikasi dan memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan.

Dia mengharapkan, para pengelola sarhunta terpacu untuk mempersiapkan pengelolaan, produk, serta pelayanan yang lebih baik pasca memperoleh sertifikasi tersebut.

“Serta menjadi alternatif akomodasi resmi bagi wisatawan saat event MotoGP Mandalika 2022,” kata Menparekraf.

Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, memberikan apresiasi atas pemberian sertifikasi Indonesia Care kepada para pengelola sarhunta yang ada di Lombok Tengah.

"Semoga dengan adanya sertifikasi ini, pengelolaan sarhunta di Kabupaten Lombok Tengah bisa semakin baik dalam melayani wisatawan," ungkap dia.

Baca juga: Menparekraf nilai positif aturan baru untuk pelaku PPDN
Baca juga: Sandiaga: Kemenangan Bastianini di Qatar pertanda baik untuk Indonesia
Baca juga: Menparekraf harap IWHTE 2022 jadi sarana bangkitkan ekonomi

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2022