Makassar (ANTARA) - Wakil Ketua 2 Project Management Officer (PMO) Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nurhadi Irbath CEC LCCC, mengajak mahasiswa Unhas berwirausaha.

Nurhadi Irbath menjelaskan bagaimana kunci sukses untuk berwirausaha serta penerapan prinsip dalam berkarir.

Entrepreneur (wirausaha) merupakan orang yang memiliki ambisi dalam memulai bisnis sendiri dengan ide atau konsep baru," kata Nurhadi dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Selasa.

"Entrepreneur bukan hanya sekadar orang yang memiliki jiwa pengusaha tetapi juga bisa merealisasikan ide-ide dengan membangun usahanya sendiri,” kata Nurhadi.

Baca juga: Unhas siap maksimalkan bantuan peralatan olahraga dari Kemenpora

Baca juga: Menko Airlangga dorong Unhas hasilkan talenta digital


Dia menjelaskan, enterpreneur berbeda dengan intrapreneur, yaitu orang memiliki jiwa pengusaha, namun tidak merealisasikan idenya dengan membangun usaha sendiri.

"Intrapreneur biasa disebut karyawan dalam suatu perusahaan, yang bekerja untuk mempromosikan inovasi dan mendapatkan remunerasi sesuai dengan kesuksesan bisnis yang menjadi tanggung jawabnya," kata Co-Founder and Chief of Commissioner Baracipta Esa Engineering ini.

Pentingnya menjadi seorang entrepreneur karena bisa memberikan lapangan kerja, kesempatan mendapatkan pekerjaan bagi orang lain jauh lebih besar, sementara intrapreneur, orang yang mampu menjadikan perusahaan tempatnya bekerja untuk jauh lebih sukses dengan ide kreatif dan inovatif yang dimilikinya.

Lebih lanjut, Nurhadi menuturkan kunci sukses seorang entrepreneur adalah memiliki jiwa ambisi yang tinggi dan memiliki humality (kerendahan hati). Sementara intrapreneur adalah seseorang yang mampu memberikan hasil dengan cepat (deliver results quick) dan managing stakeholders.

Prinsip berkarir adalah tentang menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.

Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin Dr A Mujetahid M SHut M.P, mengatakan mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas berpotensi menjadi seorang wirausahawan.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 telah membawa perubahan pada perekonomian masyarakat yang kurang stabil. Untuk itu, dibutuhkan hadirnya para wirausaha yang bisa menggerakkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja.*

Baca juga: Kedokteran Unhas juara II kompetisi nasional EXIT MRC 2022

Baca juga: Duta Inspirasi Indonesia Sulsel-Sulbar diwakili tiga mahasiswa Unhas

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022