Jakarta (ANTARA) - Sekitar 100 anggota Rukun Nelayan Pesisir Kota Cirebon, Jawa Barat, memperoleh penyuluhan keselamatan pelayaran dan pembagian jaket keselamatan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan dan sumber daya manusia.

"Kemenhub memiliki salah satu tugas pokok dan fungsi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dan tahun 2022 tema yang yang diangkat antara lain pembangunan sumber daya manusia dan daya saing bangsa," kata Direktur Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Kementerian Perhubungan Ahmad dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, BP3IP Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan pengabdian kepada ratusan masyarakat di Cirebon, Jawa Barat. Diantaranya terhadap para nelayan dan siswa dan siswi SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon.

Ahmad mengatakan selain pembangunan sumber daya manusia dan daya saing bangsa, tema yang diangkat juga mengenai pengembangan kesehatan, gizi, dan obat-obatan.

Baca juga: Kemenhub gelar kampanye keselamatan nelayan di Tanjung Balai Karimun

Seperti yang dilakukan BP3IP di Cirebon Jawa Barat, dimana kegiatan pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua acara, yaitu penyuluhan kepada para nelayan dan pemberian bimbingan kepada para pelajar di SMK Pelayaran Buana Bahari.

Dalam kegiatan ini, hadir perwakilan KSOP Kelas II Cirebon sebagai narasumber dan para instruktur madya, muda, dan pertama selaku penyuluh dari BP3IP yang akan menyampaikan materi terkait keselamatan pelayaran.

Ia menambahkan dengan adanya rangkaian kegiatan pengabdian di rukun nelayan pesisir kota Cirebon ini, diharapkan para nelayan mendapat ilmu dan selanjutnya dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, khususnya di bidang transportasi laut.

Baca juga: Kemenhub bagikan jaket keselamatan untuk nelayan di Parepare

Sedangkan pada kegiatan kedua, kata Ahmad, BP3IP bermitra dengan SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon akan melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Bimbingan Keahlian Pelaut dan Pola Karirnya untuk para taruna dan taruni Kelas 2 Semester 3 pada SMK Pelayaran Buana Bahari Cirebon.

"Dalam kegiatan yang diikuti oleh 50 siswa dan siswi SMK Pelayaran Buana Bahari, para instruktur madya, muda, dan pertama memberikan sumbangsih dalam bentuk pemberian bimbingan pada para siswa dari jurusan Nautika dan Teknika melalui kegiatan pembelajaran kompetensi keahlian pelaut serta pola karirnya," katanya.

Ahmad juga berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa dan siswi mampu mendapatkan pengayaan dalam persiapan menghadapi ujian keahlian pelaut sebelum mereka melakukan prala, dan selanjutnya mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan karir mereka sebagai pelaut melalui sosialisasi program-program pendidikan dan pelatihan yang ada di BP3IP.

Baca juga: Kemenhub serahkan sertifikat keselamatan ke nelayan
Baca juga: Kemenhub dorong pelaut Indonesia tingkatkan kemampuan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022