Tokyo (ANTARA News) - Jaringan komputer perusahaan Mitsubishi Heavy Industry Ltd. diretas di instalasi yang membuat kapal selam dan rudal serta membuat komponen bagi pembangkit listrik tenaga nuklir, dalam serangan pertama semacam itu yang ditujukan kepada industri pertahanan Jepang, demikian laporan Yomiuri, Senin.

Keterangan dari sistem komputer perusahaan tersebut terlihat dicuri dalam serangan dunia maya itu, kata Yomiuri, tanpa menyebutkan dari mana informasi tersebut diperoleh.

Juru bicara Mitsubishi Heavy mengkonfirmasi serangan maya itu, tapi mengatakan perusahaan tersebut masih menyelidiki kasus itu, termasuk kemungkinan kebocoran informasi, demikian laporan Reuters.

Harian Yomiuri melaporkan sebanyak 80 komputer yang terserang virus ditemukan di markas Mitsubishi Heavy Industry di Tokyo, Jepang, serta lokasi penelitian, pengembangan dan pembuatannya di Kobe Shipyard & Machinery Works, Nagasaki Shipyard & Machinery Works dan Nagoya Guidance & Propulsion System Works.

Kobe Shipyard saat ini membuat kapal selam dan membuat komponen untuk membuat pembangkit listrik tenaga nuklir, sementara Nagasaki Shipyard membuat kapal pengawal. Pabrik Nagoya membuat mesin roket dan peluru kendali, kata surat kabar tersebut, yang mengutip sumber tanpa nama.

(SYS/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011