Washington (ANTARA News) - Standard & Poor`s pada Senin menurunkan peringkat utang negara Italia, mengutip kelemahan ekonomi, fiskal dan politik di ekonomi terbesar ketiga zona euro itu.

Lembaga pemeringkat mengatakan telah menurunkan peringkat utang Italia menjadi "A/A-1" dari "A+/A-1+" karena "melemahnya prospek pertumbuhan ekonomi Italia."

Lembaga itu menambahkan bahwa pemerintah koalisi Italia yang lemah akan "membatasi kemampuan pemerintah untuk merespon tegas" terhadap peristiwa, lapor AFP.

"Kami percaya laju penurunan kegiatan ekonomi Italia sampai saat ini akan membuat revisi target fiskal pemerintah sulit untuk dicapai," kata S&P dalam pernyataannya.

Rendahnya tingkat partisipasi tenaga kerja, sektor publik yang tidak efisien dan arus investasi asing yang moderat dikutip sebagai penyeret utama pada pertumbuhan.

"Dalam pandangan kami, otoritas tetap enggan untuk mengatasi masalah ini," kata lembaga tersebut.

Lembaga pemeringkat saingan S&P, Moody`s telah menunjukkan pihaknya mempertimbangkan peringkatnya untuk Italia, yang saat ini di AA2, dua tingkat di bawah peringkat puncak Moody`s triple-A.

Italia telah mencoba untuk meyakinkan investor dengan mengumumkan paket penghematan baru. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011