Namun kita juga punya tugas ideologis mewujudkan cita-cita pendiri bangsa Bung Karno.
Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan melantik jajaran lengkap kepengurusan salah satu sayap kepemudaannya, Banteng Muda Indonesia (BMI) yang akan bekerja hingga tahun 2024.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Puan Maharani, di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.
 
Jajaran BMI yang dilantik hadir dengan dipimpin oleh Ketua Moch Herviano dan Sekjen Patria Ginting.
 
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan sejumlah Ketua DPP PDIP ikut hadir dalam acara itu yakni Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga, dan Ketua DPP PDIP Bidang Keanggotaan dan Organisasi Sukur Nababan.
 
Puan Maharani mengatakan BMI harus memahami makna "muda" yang terkandung dalam dirinya.
 
Menurutnya, "muda" berarti kreatif dan inovatif, oleh karenanya para pengurus dan kader BMI harus menjadi suntikan kreasi dan inovasi bagi PDIP sebagai sebuah partai.
 
Ketua DPR RI ini pun mengingatkan BMI harus berani keluar dengan kreativitas dan inovasinya. BMI jangan sampai kalah dengan organisasi kepemudaan lainnya. Namun harus tetap teguh dengan jiwa perjuangan partai.
 
"Anda harus percaya diri, tahan mental, berani dimana pun. Bikin acara kreatif, berkegiatan ke luar dan sebarkan semangat ke seluruh pemuda Indonesia," kata Puan dalam siaran persnya.
 
Ketua DPR RI itu mengingatkan juga agar para pengurus BMI juga mendorong silaturahmi dan gotong royong seluruh elemen bangsa.
 
Pengurus BMI juga harus mengingat bahwa tugasnya bukan sekadar tugas elektoral dalam artian memenangkan partai di pemilu saja.
 
"Namun kita juga punya tugas ideologis mewujudkan cita-cita pendiri bangsa Bung Karno. Dan jangan lupakan tugas kita menjaga keutuhan NKRI," kata Puan.
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan pengarahan kepada Pengurus Banteng Muda Indonesia (BMI) yang baru dilantik, di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022). ANTARA/HO-PDIP
​​
Dalam kesempatan tersebut, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga memberikan pengarahan kepada Pengurus BMI.
 
Hasto meminta agar para Pengurus DPP BMI yang dilantik menggunakan kepercayaan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dengan sebaik-baiknya. Dengan setiap hari melakukan pergerakan di tengah masyarakat, utamanya anak-anak muda Indonesia.
 
"Jangan sia-siakan kepercayaan dari Ibu Megawati dengan tiada hari tanpa pergerakan, tiada hari tanpa kegiatan yang menciptakan nilai tambah, tiada hari tanpa kegiatan yang membangun harapan bagi anak muda Indonesia untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia melalui Banteng Muda Indonesia," kata Hasto.

​​​​​​Berikut nama Pengurus BMI yang dilantik tersebut, yakni Ketua Umum Mochamad Herviano Widyatama; Ketua Bidang Kehormatan Narendra Kiemas; Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi Sumama T Agusta; Ketua Bidang ldeologi dan Kaderisasi H.Rusli Arsyad; Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Andhika P Wijaya; Ketua Bidang Politik dan Keamanan Mixil Mina Munir; Ketua Bidana Luar Negeri Regina Vianney Ayudya; Ketua Bidang Perekonomian Mufti Anam; Ketua Bidang Kebudayaan Marcellius K Hamonangan; Ketua Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan Gilang D Fararez; Ketua Bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup Allana Abdullah; Ketua Bidang Desa dan Daerah Tertinggal Amanda Eyklima; Ketua Bidang Riset dan lnovasi lrwan Tongari; Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital Christoper Kevin.
 
Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Aditya Pratama; Ketua Bidang lndustri dan Ketenagakeriaan Nova Sofyan Hakim; Ketua Bidang Kesehatan dan Jaminan Sosial Edy Wuryanto; Ketua Bidang Perempuan dan Anak Pricilla J.Justian; Ketua Bidang Koperasi dan UMKM Bob Andika Mamana S; Ketua Bidang Pariwisata Putu Widya Snicaya; Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Arief Rachman; Ketua Bidang Pangan dan Pertanian Ibrahim Galih Akbar; Ketua Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan lsyak Meirobie; Ketua Bidana Pelajar dan MahasiswaYolanda Tamara; Ketua Bidang Pendidikan Andry Jonathan; Ketua Bidang Sosial Rio Dondokambey.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Patria Pinandita Ginting; Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Internal Michael Nababan; Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Pemerintahan Reza Nuruddin A Barmawi; Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kerakyatan Rifki Arsilan; Bendahara Umum Kaisar Kiasa Kasih Said Putra; Wakil Bendahara Internal Elisya Mutiara Trinita; dan Wakil Bendahara Program Stevano Adranacus.
Baca juga: Dukung perkembangan esport, BMI gelar turnamen untuk para gamers
Baca juga: Banteng Muda Indonesia ajak pelihara semangat toleransi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022