Kita akan melakukan pelelangan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)
Jakarta (ANTARA) - Aset tiga BUMN yang dibubarkan Erick Thohir akan segera dilelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Tiga BUMN yang dibubarkan yakni Kertas Kraft Aceh, Industri Sandang Nusantara dan PT Industri Gelas (Iglas).

"Terkait pengelolaan aset-aset fisik tiga BUMN yang dibubarkan ini memang nanti kita akan mengundang seluruh investor ataupun terkait BUMN maupun BUMD yang memang tertarik. Kita akan melakukan pelelangan melalui KPKNL," ujar Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Yadi Jaya Ruchandi dalam konferensi pers daring pembubaran tiga BUMN di Jakarta, Kamis.

Yadi menambahkan, dengan cara tersebut diharapkan bisa mendapatkan harga yang terbaik dan asetnya sendiri akan berputar kembali menggerakkan roda perekonomian.

"Kita telah melaksanakan amanah dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk melakukan pembubaran tiga BUMN lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terhadap Kertas Kraft Aceh, PT Iglas dan Industri Sandang Nusantara. Kalau Industri Sandang Nusantara kita lakukan pada 2 Februari 2022, kemudian Iglas pada 10 Februari 2022, dan Kertas Kraft Aceh pada 11 Maret 2022, jadi memang sudah dilakukan RUPS-nya," katanya.

Setelah pembubaran, PT PPA akan membentuk tim likuidasi untuk melakukan persiapan dan melaksanakan pembubaran terhadap tiga BUMN.

Dalam rangka pembubaran tiga BUMN ini, PPA sudah melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan, baik pusat maupun daerah terkait dengan rencana tersebut.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Arisudono Soerono mengatakan bahwa pembubaran tiga BUMN ini sudah dikaji sejak lama dan pihaknya memahami bahwa semua langkah yang dilakukan oleh tim telah memperhitungkan semua aspek serta sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

"Upaya pembubaran ini sebagai upaya optimalisasi aset-aset BUMN yang dilakukan untuk menyelamatkan underlying value yang masih dimiliki oleh aset-aset tersebut," kata Arisudono Soerono.

Kebijakan pembubaran tiga BUMN dan langkah-langkah pembubaran terhadap BUMN lainnya ke depan akan dilakukan melalui pembahasan yang intensif serta selalu memperhatikan hak-hak dari para karyawannya, sebagaimana arahan Menteri BUMN.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir membubarkan tiga BUMN yang sudah tidak beroperasi sejak lama, yakni Kertas Kraft Aceh, PT Iglas dan Industri Sandang Nusantara.

Erick menyampaikan bahwa pihaknya tidak boleh menjadi pemimpin zalim sehingga harus memberikan kepastian dan keberpihakan untuk menyelesaikan masalah tersebut secara baik.


Baca juga: Erick Thohir kaji rencana pembubaran terhadap empat perusahaan BUMN
Baca juga: Erick Thohir ungkap kunci utama dalam perampingan jumlah BUMN
Baca juga: Kementerian BUMN batasi jumlah dan gaji staf ahli perusahaan negara

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022