Mamuju (ANTARA News) - Wartawan diminta "kompak" agar dapat berperan maksimal dalam mendorong pembangun Provinsi Sulbar agar maju dan berkembang dengan menjalankan profesi jurnalistiknya secara profesional.

"Wartawan di Sulbar saya minta bekerja dapat bekerja dengan kompak atau bersatu dalam mendoring membangun daerahnya di Sulbar agar maju dan berkembang dan masyarakatnya bisa sejahtera," kata Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Tarman Azzam saat berada di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, bagi wartawan di Sulbar bekerja dengan kompak membangun Sulbar berarti juga harus dibarengi dengan bekerja dalam menjalankan tugas jurnalistiknya secara profesional.

"Itu saja profesional dalam bekerja menjalankan tugas jurnalistik, dan juga harus secara kompak, insya allah peran wartawan dalam membangun Sulbar akan sangat besar dan wartawan akan mendukung pembangunan di Sulbar untuk kesejahteraan masyarakat," kata Tarman yang juga Mantan Ketua PWI 2003-2008.

Menurut dia, dengan bekerja secara profesional maka wartawan secara sendirinya juga akan mampu memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah dan mereka akan terbantu dalam rangka memaksimalkan pembangun di daerahnya.

"Peran wartawan sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah agar dapat membuat seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Sulbar yang saat ini masyarakatnya masih belum menemukan kesejahteraan dapat mengalami kemajuan dan tujuan mensejahterakan masyarakat akan dapat dicapai," katanya.

Ia mengatakan, masih terdapat sekitar 31 juta penduduk dari 237 juta penduduk di Indonesia yang masih hidup dibawah garis kemiskinan yang butuh mendapat perhatian semua pihak untuk disejahterakan termasuk kalangan pers.

Sehingga kata dia, peran pers bagi kemajuan di daerah termasuk di Provinsi Sulbar ini, dengan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan sangat penting agar jumlah masyarakat miskin di daerah ini akan semakin dapat ditekan melalui pembangunan. (MFH/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011