Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyambut baik rencana kerja sama bidang kemaritiman dengan India karena dinilai langkah strategis bagi dua negara.

"Kerja sama bidang kelautan bersama India merupakan langkah strategis terkait pertukaran informasi di wilayah laut Indonesia dan India," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dipantau dari kanal YouTube di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI usai menerima kunjungan Atase Pertahanan India untuk Indonesia yakni Kapten Amitabh Saxena.

Terkait kerja sama kedua negara tersebut, Panglima TNI mengatakan Indonesia memiliki undang-undang dan kewenangan. Oleh karena itu, ia akan berkoordinasi dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: RI ajak Malaysia, Singapura latihan gabungan tentara bersama Australia

Baca juga: Panglima ingatkan rekrutmen perwira karier TNI jangan diskriminatif


Untuk mempermudah koordinasi antara Atase Pertahanan India untuk Indonesia dengan Bakamla, Kementerian Perhubungan dan instansi lainnya, Panglima TNI akan membantu memfasilitasi Kapten Amitabh Saxena.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) tersebut juga menyambut baik rencana kerja sama di bidang pendidikan antara Indonesia dan India. Ke depan, kedua negara akan mewujudkannya melalui program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah India.

Sementara itu, Atase Pertahanan India untuk Indonesia Kapten Amitabh Saxena menyampaikan beberapa poin terkait kerja sama bidang maritim antara Indonesia dan India salah satunya tentang Perjanjian White Shiping Information Exchanged.

White Shiping Information Exchanged, kata dia, merupakan kerja sama pertukaran informasi komersil terkait kapal-kapal milik India yang berada di Indonesia dan juga sebaliknya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022