... Ada ledakan keras di warung gorengan depan rumah, kelihatannya dari tabung gas mereka. Rumah kami terbakar semua, termasuk 16 kamar indekosan di samping...
Jakarta (ANTARA News) - Api sangat  besar memusnahkan puluhan rumah di Kawasan Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Petugas pemadam kebakaran bekerja ekstra keras memadamkan api namun tetapi mengalami kesulitan sementara kepanikan terjadi pada warga sekitar.

"Saya kaget sekali waktu dibangunkan mama. Ada ledakan keras di warung gorengan depan rumah, kelihatannya dari tabung gas mereka. Rumah kami terbakar semua, termasuk 16 kamar indekosan di samping," kata Vera, warga Rt008/01 Kelurahan Bendungan Hilir.

Vera tidak berhasil mengendalikan kepanikan dirinya pada saat ditanyai, kecuali memberi keterangan pendek itu. Puluhan mobil pemadam kebakaran bergantian datang menyemprotkan air memakai pompa bertekanan tinggi dari selang-selangnya.

Warga yang rumah-rumahnya terbakar ataupun yang tidak, bahu-membahu mencoba memadamkan api. Jalan menuju kawasan Pasar Bendungan Hilir juga telah ditutup dari lalu-lalang kendaraan.

Suprayogi, Ketua RW 08 Kelurahan Bendungan Hilir yang juga berbaur dengan warganya menyelamatkan apa saja yang bisa diselamatkan, berujar pendek, "Kami belum tahu persis penyebabnya. Maaf, kami harus padamkan api segera."

Asap yang membumbung tinggi bahkan bisa dilihat secara jelas dari ketinggian gedung-gedung di Kawasan Monas. (A037)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011