Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah tangkapan layar konten menyerupai berita media daring menjadi viral lantaran menampilkan pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez.

Konten yang menampilkan Marquez dengan bebat dan kain untuk menopang tangan kirinya muncul di Facebook.

Terdapat judul "Marc Marquez Tiba di bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan langsung menuju Terminal Mallengkeri dan lanjut menuju Jeneponto di kediaman Daeng Naba Tukang Urut" pada unggahan itu.

Konten itu muncul bertepatan dengan momen penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18-20 Maret 2022.

Dalam ajang itu, Marquez sempat tiga kali terpelanting dari motornya yaitu dua kali pada sesi kualifikasi pertama pada Jumat (18/3) dan sekali pada sesi pemanasan sebelum perlombaan MotoGP pada Minggu (20/3).

Namun benarkah Marc Marquez menjalani pengobatan di tukang urut di Jeneponto?
 
Unggahan hoaks yang menyebut Marquez menjalani pengobatan di tukang urut di Jeneponto. Hoaks itu termasuk kategori hoaks satire/parodi. (Facebook)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, klaim Marquez menjalani pengobatan di tukang urut di Jeneponto adalah informasi keliru atau hoaks.

Faktanya, konten asli berita yang menampilkan pebalap dengan nomor 93 itu dengan kain untuk menopang tangan kirinya merupakan berita milik Kompas.com pada 21 Juli dengan judul "Marc Marquez Tiba di Barcelona untuk Operasi, Kapan Bisa Mulai Balapan Lagi?"

Konten viral yang mengklaim pebalap Marquez menjalani pengobatan di tukang urut merupakan hoaks satir/parodi yang meniru konten asli (imposter).

Terkait kecelakaan yang dialami Marquez dalam MotoGP Mandalika 2022 pada tikungan 7 saat sesi pemanasan Minggu (20/3), pebalap asal Spanyol itu lantas dilarikan ke Rumah Sakit Mataram untuk pemeriksaan lebih lanjut menyusul benturan akibat kecepatan tinggi.

Direktur Medis MotoGP Angel Charte mengatakan Marquez akan kembali ke Barcelona, Spanyol untuk pemeriksaan lebih lanjut setelah tidak mengikuti perlombaan di Mandalika.

Klaim: Marquez jalani pengobatan ke tukang urut di Jeneponto
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Marc Marquez joget dangdut dalam pembukaan MotoGP Mandalika

Baca juga: Presiden Jokowi awalnya jagokan Marquez namun beralih ke Quartararo

Baca juga: Jatuh dua kali di kualifikasi, Marquez bertekad berjuang hingga akhir

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022