Ini momentum pemerintah lokal dan nasional memiliki integrasi vertikal
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong adanya integrasi vertikal antara pemerintah kota dengan pemerintah pusat di negara-negara anggota Urban 20 (U20) sehingga memberikan manfaat bagi rakyat.

"Ini momentum pemerintah lokal dan nasional memiliki integrasi vertikal untuk saling dukung, menerjemahkan kesepakatan global menjadi kebijakan dan program," kata Anies ketika membuka pertemuan Sherpa U20 di Jakarta, Rabu.

Ia mengharapkan integrasi vertikal tersebut dilaksanakan mengingat tataran pemerintahan lokal dan nasional memiliki tantangan yang harus diatasi.

"Kami harus memastikan ini sejalan dan terintegrasi, ini penting makanya kami sebut integrasi vertikal dan ini juga momentum bagi pemimpin kota untuk membentuk koalisi mengatasi tantangan yang dialami pemerintah kota soal krisis pandemi sebagai bagian integrasi horizontal di antara kota," ucapnya.

Anies menambahkan pada pertemuan Sherpa ini membahas pengalaman dan terobosan yang dilakukan menyikapi enam isu prioritas, sebelum pertemuan puncak U20 Summit pada Agustus 2022.

Ada pun enam isu prioritas yang dibahas dan diputuskan dalam Pertemuan Tingkat Tinggi para pemimpin kota (wali kota/gubernur) atau U20 Summit yakni pemulihan ekonomi dan sosial.

Kedua, soal perumahan terjangkau, kemudian transisi energi terbarukan dan akses transportasi ramah lingkungan.

Isu kelima yakni kesehatan mental dan daya tahan pandemi serta masa depan pekerjaan.

"Sherpa meeting ini bukan sekedar menceritakan keberhasilan ataupun program di kotanya tapi bagaimana pengalaman yang dimiliki sebuah kota, sebuah wilayah bisa jadi prioritas untuk dibahas di level global apalagi selama dua tahun ini alami pandemi," ucap Anies.

Pertemuan Sherpa U20 ini diketuai bersama oleh Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan berlangsung 23-24 Maret 2022.

Forum ini dihadiri perwakilan U20 dari 37 kota di dunia secara daring dan luring.

Nantinya, pada pertemuan puncak U20 Agustus 2022, akan ada komunike atau rekomendasi yang disepakati bersama terkait enam isu perkotaan tersebut untuk dibawa ke forum global, G20 pada Oktober 2022 di Bali.
Baca juga: Anies: G20 bukan forum basa-basi
Baca juga: Kadin dorong UMKM dukung transisi energi dalam pertemuan Business 20
Baca juga: Anies usung enam isu perkotaan pada Forum Urban 20

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022