Produk-produk ekonomi kreatif lokal memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk impor. Ini menjadi upaya kita bersama untuk memulihkan ekonomi, khususnya melalui UMKM ekonomi kreatif
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kehadiran pameran "The 22nd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2022” menjadi salah satu langkah strategis mendorong kembali sektor ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia.

“Produk-produk ekonomi kreatif lokal memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk impor. Ini menjadi upaya kita bersama untuk memulihkan ekonomi, khususnya melalui UMKM ekonomi kreatif,” ujarnya di Jakarta Conventional Center Senayan, Jakarta, Rabu, sebagaimana dalam keterangan resmi.

Berdasarkan data Focus Economy Outlook 2020, lanjutnya, sektor ekraf menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sepanjang tahun 2020.

Kata Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus berupaya membangkitkan pertumbuhan ekonomi terutama sektor ekraf, termasuk mendukung ekosistem yang baik bagi pelaku ekraf.

"Ekonomi kreatif adalah industri masa depan yang berperan besar dalam membangun ekonomi nasional. Mereka (pelaku ekonomi kreatif) adalah pencipta lapangan kerja dan pembuka kepulihan ekonomi masyarakat, jadi saya sangat support," kata Menparekraf.

Kehadiran INACRAFT di tahun ini disebut akan menjadi ruang untuk memasarkan produk-produk ekraf, khususnya subsektor kriya, sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Dalam pameran tersebut, pihaknya menghadirkan Paviliun Kemenparekraf yang memfasilitasi 16 jenama terpilih untuk promosi dan penjualan produk.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan INACRAFT 2022. Ia memberikan pesan agar masyarakat selalu mencintai produk dalam negeri.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan, ini akan memajukan para perajin kita, memajukan UMKM kita," ungkap Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, INACRAFT 2022 merupakan pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang diadakan di JCC Senayan mulai dari 23-27 Maret 2022.

Pada tahun 2020, pameran tersebut tidak diadakan karena pandemi COVID-19. Memasuki tahun 2021, INACRAFT diadakan secara online dan di tahun ini secara hybrid dengan protokol kesehatan ketat serta disiplin.

Acara ini juga akan menghadirkan Pameran Virtual INACRAFT, INACRAFT Marketplace, dan INACRAFT x Tokopedia.

Baca juga: Jokowi buka pameran Inacraft 2022 tampilkan kreasi pengrajin lokal
Baca juga: BNI dukung Inacraft 2022 dorong UMKM tembus pasar global
Baca juga: Pertamina fasilitasi pelaku UMKM ikut pameran Inacraft 2022

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022