Jakarta (ANTARA) - Penulis buku biografi A. Bobby Pr. meluncurkan memoar bertajuk "Mami Ciska: Memberi Masa Depan Anak-anak Terlantar" yang mengisahkan mendiang seorang perempuan bernama Maria Franciska Setiati atau Mami Ciska yang membantu anak-anak terlantar agar mempunyai masa depan.

Buku “Mami Ciska: Memberi Masa Depan Anak-Anak Terlantar” ini menjadi rekam jejak Mami Ciska dalam usahanya membangkitkan kembali Panti Asuhan Rumah Suci yang berdiri sejak 1914 oleh Ny. Lie Tjian Tjoen.

Berbekal naluri seorang ibu yang kuat, Mami Ciska mengambil alih panti asuhan yang bertujuan memberdayakan anak perempuan itu di tahun 2000 dan mengembalikan makna dari institusi menjadi Rumah Hati Suci, sebuah tempat bagi anak-anak terlantar untuk bersandar dan tumbuh bersama.

“Buku memoar Ciska yang ditulis secara apik oleh Saudara Bobby ini telah membuka mata saya untuk memahami pemikiran Ciska di belakang praktik yang dia terapkan selama 20 tahun mengelola Rumah Hati Suci," ujar Joseph Dharmabrata, Ketua Dewan Pembina Yayasan Hati Suci, yang juga merupakan suami dari mendiang Mami Ciska dikutip dari siaran pers, Kamis.

Baca juga: Jakpro-ANTARA luncurkan buku "#Jakpro 5 Ikon Wajah Baru Jakarta"

"Dari ini saya melihat, apa yang dilakukan Ciska di Rumah Hati Suci bukan sekadar refleksi dari passion dia untuk berbuat sesuatu, tetapi meletakkan fondasi kokoh agar institusi sosial ini bisa bertahan lebih dari 100 tahun,” lanjut dia.

Terdapat banyak nilai inspiratif yang diangkat oleh buku memoar tersebut, termasuk bagaimana Mami Ciska memegang teguh prinsip untuk membesarkan anak-anak asuhnya sebagaimana ia membesarkan anak kandungnya sendiri.

Mami Ciska tidak hanya menampung anak-anak terlantar, namun juga memberikan pendidikan, makanan bergizi, pakaian yang pantas, serta cinta tanpa batas.

"Ketua Dewan Pembina Yayasan Hati Suci sekaligus suami Bu Ciska meminta saya menulis memoar ini. Permintaan itu langsung saya terima karena ingin melanjutkan buku tentang Rumah Hati Suci yang sudah diletakkan fondasinya oleh Ny. Lie dan diteruskan Bu Ciska," kata A. Bobby Pr.

"Dalam banyak hal, kedua perempuan ini memiliki kesamaan dalam memberikan cintanya untuk Hati Suci," imbuhnya.

Peluncuran buku memoar “Mami Ciska: Memberi Masa Depan Anak-Anak Terlantar” didukung oleh Penerbit Kompas dan mulai tersedia di toko buku di seluruh Indonesia. Buku memoar juga dapat dibeli secara online melalui situs toko buku Gramedia.

Baca juga: Storytel hadir di Tanah Air, beri pencinta buku pengalaman baru

Baca juga: Bob Dylan akan rilis buku baru pada November

Baca juga: Buku komik baru merinci kehidupan Ringo Starr

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022