Jakarta (ANTARA News) - Telkomgroup melalui Telkomsigma, menghadirkan layanan TelkomCloud sebagai salah satu layanan cloud computing (komputasi awan) yang bertujuan untuk melengkapi  portofolio layanan dan solusi bisnis berbasis ICT (Informations communications & technology).
 
"TelkomCloud adalah solusi yang dijalankan oleh telkomsigma yang memberikan kemudahan pada perusahaan seperti network,data center, power yang sifatnya on demand," kata Otto Benihantoro Direktur Bussiness Solutions Telkomsigma.

Salah satu yang membedakan TelkomCloud dengan layanan cloud computing (komputasi awan) yang sudah ada dipasaran adalah konsep on-demand bagi klien yang membutuhkan layanan data center, disaster recovery, back up, system development & testing.

"Mereka dapat menggunakan semua layanan saja. Mereka tidak perlu menanggung biaya maintenance mesin, biaya listrik, serta biaya penyelenggaraan production system untuk sebuah data center secara keseluruhan," tambahnya.

Secara keseluruhan, lanjutnya, ada tiga hal yang membedakan secara mendasar yaitu trustworthty, flexible dan premium quality.

"Kita juga bekerja sama dengan perusahaan IT terkenal seperti NetApp dan Cisco," katanya

Sementara itu Roy Kaluku Sales Director NetApp Indonesia mengungkapkan sebagai partner telkomsigma pihaknya menyediakan perangkat-perangkat storage yang mampu mendukung public cloud, dengan tiga faktor flexibility,eficiency dan secure.Kami memiliki fitur-fitur yang mendukung tiga faktor itu.

"Yang kami berikan fitur terbaik berupa multi storage yang merupakan secure  multi tenancy yang seolah olah satu physical storage dibagi-bagi kedalam berapa bagian sehingga data customer tak akan tercampur antar sesama pelanggan a dan b dan fitur itu juga telah di sertifikasi." ungkapnya. (yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011