Warsawa (ANTARA) - Presiden Amerika SerikatJoe Biden pada Sabtu (26/3) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba dan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam lawatannya ke Polandia, kata Gedung Putih.

Pertemuan tersebut ditujukan "untuk mengetahui kabar terbaru tentang situasi militer, diplomatik, dan kemanusiaan Ukraina," menurut kantor Biden itu. 

Biden hadir dalam pertemuan yang dilangsungkan antara Menlu AS Antony Blinken serta Menhan AS Lloyd Austin dan mitra mereka dari Ukraina, Kuleba dan Reznikov.

Mereka membahas "upaya lebih lanjut untuk membantu Ukraina mempertahankan wilayahnya" serta langkah AS dan sekutunya saat ini terhadap Rusia, kata Gedung Putih dalam pernyataan.

Dalam unggahan Twitter, Kuleba mengatakan bahwa pertemuan antara menteri-menteri Ukraina dan AS itu memungkinkan dia mengambil "keputusan praktis di bidang politik dan pertahanan demi memperkuat kemampuan Ukraina untuk melakukan perlawanan."

Sementara itu, Reznikov di Twitter mengungkapkan bahwa dia merasa mendapat harapan. 

Biden mengunjungi Polandia usai menghadiri KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO), pertemuan G7, dan KTT Dewan Eropa. 

Tiga pertemuan puncak itu berlangsung dalam dua hari dengan fokus utama membahas krisis Ukraina.

Presiden AS tersebut berusaha merayu mitra Eropa untuk bersatu, tetapi gagal mengajak mereka untuk mengambil tindakan bersama terhadap Rusia.

KTT NATO berakhir pada Kamis (24/3) tanpa ada kesepakatan untuk menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Moskow, terutama produk minyak dan gas negara itu.

KTT Dewan Eropa juga gagal mencapai konsensus tentang masalah yang sama. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022