Jakarta (ANTARA) - Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni'am Sholeh menyebut wirausaha muda memiliki peran strategis dalam mengakselerasi perwujudan soko guru kemandirian bangsa, hal tersebut disampaikan pada kick off Kuliah Kewirausahaan 2022 yang bekerja sama dengan 22 Perguruan Tinggi di Jakarta, Minggu.

"Menumbuhkan minat kewirausahaan dan mencetak wirausaha muda ialah bagian dari upaya mencapai SDM unggul Indonesia Maju sebagai tujuan dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Dan penumbuhan wirausaha muda baru akan mempercepat terwujudkan kemandirian kita sebagai bangsa", kata Ni'am dalam keterangan resminya.

Upaya ini akan semakin terakselerasi, lanjut Ni'am, dengan menggandeng berbagai pihak khususnya Lembaga Pendidikan atau perguruan tinggi yang mana di dalamnya diisi oleh para pemuda terdidik.

"Kemenpora melakukan upaya membangun ekosistem kewirausahaan dari hulu sampai ke hilir. Di hulu kami melaksanakan penumbuhan minat kewirausahaan, termasuk kuliah kewirausahaan, selanjutnya pemberian bantuan modal berwirausaha kepada mereka yang ingin berwirausaha serta membutuhkan modal tapi terhambat akses permodalan perbankan, terutama mereka yang berada pada rural area termasuk pondok pesantren, daerah tiga T, sebagai upaya membangun ekosistem kewirausahaan dan di hilir. Yang terakhir, Kemenpora memberikan apresiasi kepada para pemuda yang menjadi lokomotif ekonomi atau kewirausahaan di tengah-tengah masyarakat," papar Ni’am.

Baca juga: Menpora ingatkan pemuda untuk semangat berkreasi di tengah pandemi

Lebih lanjut Akademisi UIN Syarih Hidayatullah Jakarta ini menyampaikan terimakasih kepada semua mitra khususnya perguruan tinggi yang bersama-sama dengan Kemenpora sejak 2019 sampai 2022 ini.

Kuliah kewirausahaan, kata Ni'am, semakin diminati oleh para mitra perguruan tinggi terlihat dari banyaknya pengajuan yang disampaikan ke Kemenpora untuk bermitra dalam kegiatan Kuliah Kewirausahaan ini.

"Tahun 2019 ada 22 mitra Perguruan Tinggi, Lembaga dan komunitas yang turut berpartisipasi bersama Kemenpora dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan, tahun 2020 30 mitra, tahun 2021 26 mitra dan tahun ini tahun 2022 direncanakan bersama 53 mitra baik perguruan tinggi dan mitra Lembaga lainnya," pangkas Ni’am.

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Nilzam M.Sc, DIC., Ph.d dalam kick off kewirausahaan ini menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora yang telah turut mendorong tumbuhnya wirausaha di kalangan mahasiswa dimana perkembangan kewirausahaan menjadi harapan bangsa Indonesia khususnya kewirausahaan yang berbasis teknologi digital dan juga kewirausahaan yang berbasis bahari atau kelautan.

Program kuliah kewirausahaan Kemenpora ini akan membekali para mahasiswa dengan materi karakter wirausaha, ide bisnis dan bisnis model kanvas, yang kedua Teknik komunikasi bisnis, deskripsi produk, presentasi proposal bisnis peserta, ketiga strategi pemasaran lanjutan, dan strategi mengembangkan bisnis.

Baca juga: Deputi Menpora: Program pertukaran pemuda diplomasi budaya nyata
Baca juga: Pertemuan Menteri Pemuda sedunia hasilkan Deklarasi Lisboa +21

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022