Perayaan Nowruz adalah perayaan tahun baru sebagai hari raya  sama seperti masyarakat Indonesia saling bersilaturahmi dan mengunjungi sesepuh atau tokoh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Iran di Jakarta menggelar pameran karpet dan kerajinan tangan serta pemutaran film-film Iran untuk membawa kemeriahan perayaan Tahun Baru Persia, Nowruz.

"Nowruz artinya awal musim semi dan perayaan Tahun Baru Hijriah Syamsiah yang bertepatan dengan awal administrasi pemerintah dan penjabaran kebijakan luar negerinya, yang memiliki makna ganda dan kebahagiaan bagi kami," ujar Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad saat membuka festival Nowruz di Jakarta, Senin.

Dubes Azad mengatakan Nowruz adalah fase untuk memulai karya-karya besar.

"Nenek moyang kita memainkan peran utama dalam membangun peradaban manusia dengan menghubungkan Timur dan Barat. Dalam pertukaran ini, mereka telah menunjukkan nilai-nilai budaya dan sejarah yang elegan," kata Dubes Azad.

Baca juga: Sekjen PBB kutuk serangan saat perayaan Nowruz di Afghanistan

Nowruz, secara harfiah berarti hari baru, merupakan Tahun Baru Persia yang menandakan hari pertama musim semi dan dirayakan sekitar tanggal 21 Maret tiap tahunnya, kata dia.

"Nowruz adalah ritual kuno dan abadi dengan sejarah mulia yang dirayakan di wilayah geografis yang luas di dunia, dari Amu Darya (Jeyhun) hingga Efrat. Dari China barat ke Anatolia, dari anak benua India dan Afghanistan di timur hingga Mesopotamia di barat, dan dari Asia Tengah ke kaki utara Kaukasus Besar di utara dan Asia Kecil di barat laut Iran," kata Dubes Azad.

Nowruz, lanjut dia, telah dirayakan selama ribuan tahun di dataran tinggi Iran dan di antara suku-suku bangsa-bangsa dari peradaban umum.

Nowruz dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada  2009 dan diakui oleh PBB sebagai acara global.

Konselor Budaya Kedutaan Besar Iran Mohammad Reza Ebrahimi mengatakan pihaknya menggandeng Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan rangkaian kegiatan menarik dalam rangka perayaan Nowruz.

Baca juga: 200 warga Uygur Tiongkok rayakan Nowruz di Turki

Sejumlah rangkaian kegiatan menarik yang bisa diikuti, lanjut dia, yaitu pemutaran film-film Iran yang diselenggarakan pada tanggal 28 hingga 30 Maret 2022 pukul 13.00 WIB di Ruang Teater lantai 2 Perpustakaan Nasional RI.

Kemudian, pameran karpet dan kerajinan tangan Iran mulai dari tanggal 28 Maret hingga 1 April 2022 pukul 09.00 hingga 15.30 WIB di Ruang Pameran lantai 4 Perpustakaan Nasional RI.

"Tahun baru yang dimulai musim semi itu diyakini sebagai awal kehidupan baru yang layak untuk diperhatikan dan dimaknai. Perayaan Nowruz adalah perayaan tahun baru sebagai hari raya  sama seperti masyarakat Indonesia saling bersilaturahmi dan mengunjungi sesepuh atau tokoh masyarakat," kata dia.

Silaturahmi tersebut, lanjut Mohammad, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempererat hati, saling memaafkan dan meningkatkan spiritualitas.

Baca juga: Enam nyawa melayang akibat serangan perayaan Nowruz di Kabul
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022